Kata Ustaz: Foto Masa Lalu Sebelum Hijrah Beredar, Jadi Dosa Jariah?

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 11 Nov 2021 06:00 WIB
Ustadz Riza Muhammad saat di temui bersama Istrinya Indri Giana (4/7/2013).
Ustaz Riza Muhammad bicara soal keresahan mereka yang sudah berhijrah, tapi foto masa lalu masih beredar di dunia mayaFoto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Banyak artis hijrah. Kebanyakan mereka mengkhawatirkan foto-foto masa lalunya sebelum hijrah masih beredar di media sosial.

Kata Ustaz kali ini akan menjelaskan soal hal tersebut. Ustaz Riza Muhammad memberikan penegasan, Allah SWT menilai perbuatan seseorang itu dari niatnya.

Berikut penjelasan Ustaz Riza Muhammad kepada detikcom:

Baik, jadi segala sesuatu diawali dengan niat. Innamal a'malu binniyat. Innama likullimri'in maa nawaaa. Allah menilai perbuatan seseorang dari niatnya. Allah melihat segala sesuatu, seseorang yang melakukan tindakan dari niatnya.

Seseorang yang telah hijrah, telah berubah berarti niatnya berhijrah. Terlepas dari masa lalu, terlepas dari dosa, terlepas dari kebiasaan buruk, tapi yang namanya masa lalu pasti akan ditutup. Apalagi Rasulullah menjelaskan 'Setiap masalah, setiap orang itu pasti pernah berbuat salah. Namun yang baik bukan yang tidak pernah bersalah, yang baik adalah yang bersalah, namun mampu mengubahnya dengan taubatan nasuha.

Surat At Tahrim ayat ke 6, kemudian At Tahrim ayat 8. Jadi Allah memberikan ampunan melalui taubatan nasuha. Allah memang melihat manusia yang kerap berbuat dosa.

Ketika seseorang punya masa lalu kelam, ketika seseorang memiliki masa lalu yang gelap dan tidak baik, kemudian ditutup dengan taubatan nasuha maka Allah menyampaikan satu ayatnya Walal aakhirotu khoirul laka minal uulaa. Yang akan jadi penilaian Allah itu akhir, bukan awal dan sekarang, bukan yang kemarin. Jadi yang kemarin sudah ditutup.

Walaupun nanti ada gambar-gambar yang dulu diposting lagi, di-upload lagi sama orang yang memang memposting, bukan merupakan dosa jariah lagi.

Karena apa? Dia sudah bertaubat, sudah kembali lagi kepada Allah. Allah melihat yang sekarang, tidak lagi melihat masa lalu.

Jadi terlepas orang mau posting terserah. Tapi, tetap dia tidak akan mendapatkan dosanya karena Allah sudah menutupinya, sudah mengampuninya melalui taubatan nasuha.

Beberapa selebriti yang sudah hijrah, sering meminta untuk menghapus foto-foto masa lalunya kepada para pengikutnya di media sosial. Hal itu dijelaskan oleh Ustaz Riza Muhammad, boleh-boleh saja.

Sebisa mungkin boleh. Tapi Allah tidak akan membebani orang di luar batas kemampuannya. Nggak mungkinkan ditelepon satu-satu seluruh Indonesia untuk mengungkapkan ajakan itu, karena berat sekali. Yang pasti tidak akan jadi dosa jariah. Kalau ada beberapa orang yang dia kenal, 'Hapus ya!' Dan dihapus, itu bagus. Allah tidak akan pernah mengungkit masa lalunya. Sudah selesai. Sudah tidak usah dipikirkan lagi.



Simak Video "Kangen, Istri Sering Pakai Baju Ustaz Riza Muhammad"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)