Selebgram Razka Nabillian Donald Konsisten Jalani Gerakan Nasi Bungkus

Tim detikcom - detikHot
Senin, 08 Nov 2021 11:58 WIB
Razka Nabillian Donald
Foto: dok. Razka Nabillian Donald
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memberikan dampak begitu besar bagi masyarakat. Namun di samping itu, ada juga banyak aksi sosial yang kemudian lahir.

Salah satunya yang menjalankan aksi sosial tersebut adalah Razka Nabillian Donald. Ia adalah selebgram yang aktif menjalankan gerakan berbagi nasi bungkus.

Aksi itu sudah dimulai sejak April 2020. Hingga saat ini, lebih dari setahun, Razka Nabillian Donald konsisten berbagi dengan cara tersebut.

Gerakan itu dibuat karena kepedulian yang besar dari Razka Nabillian Donald terhadap masyarakat yang terkena dampak dari pandemi COVID-19. Meski beberapa sektor mulai bangkit, ia belum berhenti menjalankan aksinya.

"Saya mendengar keluhan para ojol, pedagang asongan, pekerja bangunan dan banyak lainnya dan ternyata banyak sekali cerita yang membuat saya sedih karena himpitan ekonomi yang mereka alami. Sehingga saat itu sebagai generasi milenial langsung tercetus untuk membagikan nasi bungkus saja dulu kepada mereka yang membutuhkan," ujar Razka Nabillian Donald dalam keterangannya.

Awalnya gerakan tersebut dijalankan Razka Nabillian Donald dengan merogoh kocek pribadinya. Namun kini, demi menjangkau lebih banyak penerima bantuan, ia menggalang dana.

"Berawal dari uang pribadi, lalu saya coba posting ke sosial media. Alhamdulillah responsnya sangat baik waktu itu, bahkan banyak pengusaha hingga artis yang menitipkan uang karena tidak bisa turun langsung ke jalan. Saya coba galang dana supaya lebih transparan dan memudahkan yang lain untuk bersedekah berapapun nominalnya," ujar Razka Nabillian Donald.

Gayung bersambut, penggalangan dana itu menyentuh angka Rp 150 juta. Razka Nabillian Donald kemudian mengubah uang itu menjadi paket nasi bungkus yang dibagikan setiap Jumat.

"Banyak juga yang komentar negatif, kalau saya posting foto atau video. Padahal tujuan saya adalah bentuk laporan kepada mereka yang sudah berdonasi dan ajakan biar makin banyak orang yang ikut berpartisipasi," Razka Nabillian Donald menanggapi kritikan atas aksinya.

(dar/dar)