Round Up

Perjuangan Melanie Subono Lawan Tumor Perut

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 26 Okt 2021 05:30 WIB
Melanie Subono
Foto: Instagram @melaniesubono
Jakarta -

Melanie Subono diketahui sempat mengalami tumor perut. Ia belum lama ini menjalani operasi pengangkatan tumor yang ada di perutnya.

Disampaikan oleh Yulia Dian selaku manajer Melanie Subono, sejak awal ia sudah mengalami kelainan darah. Level pembekuan darahnya disebut tinggi.

"Sejak pertama mengalami menstruasi, berapa belas tahun dia sudah punya kelainan darah. Level pembekuan tinggi, jadi hampir semua darah membeku, membentuk macam-macam, dari kista, miom, tumor. Ada yang ganas dan tidak ganas," jelas Yulia Dian kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

"Gumpalan darah terjadi berkali-kali dan menjalar ke mana-mana. Pertama operasi saat SMA dan gumpalan yang diambil 7x8 cm lalu sampai tahun ini ada 6 sampai 7 kali operasi macam-macam," sambungnya.

Sejumlah operasi dijalani oleh Melanie Subono. Termasuk di antaranya operasi pengangkatan rahim.

"Ada yang kista biasa, ovari, kista darah, di mana Rahim harus diangkat, cube block yang akhirnya beberapa tahun lalu, jadi nggak bisa punya anak. Level HPV 16 dan 18, turun naik penanda servik," beber Yulia Dian soal kondisi Melanie Subono.

"Tapi saat ini lagi agak adem. Melanie sendiri karena punya masalah dengan napas dan lain-lain, yang terjadi saturasi turun, bukan COVID," tegasnya.

Meski begitu, Melanie Subono tak lupa melanjutkan aksi sosialnya. Walaupun dalam kondisi yang kurang sehat, ia masih menyempatkan diri membantu sesama.

"Hampir semua pekerjaan yang dia lakukan sekarang 90 persen untuk sosial dan yang sering dia tanyakan di kepala dia adalah kalau gue nggak kerja, orang nggak makan. Orang nggak dapat bantuan. Itu yang bikin sulit dan nggak bisa diapa-apain," tuturnya.

"Update terakhir keluarga harus tanda tangan infus nggak bisa dimasukin karena tangan kiri kolaps, jadi obat diminum saja. Saturasi stabil," sambung Yulia Dian.



Simak Video "Cerita Melanie Subono Harus Kehilangan Rahim Gara-gara Penyakit"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/mau)