Awal Mula Melanie Subono Idap Tumor di Perut

Tim detikcom - detikHot
Senin, 25 Okt 2021 15:46 WIB
Melanie Subono
Melanie Subono dan awal mula penyebab tumor perut Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Melanie Subono sudah menjalani operasi pengangkatan tumor di perut. Bukan operasi yang pertama, ini awal mula Melanie rasakan sakit.

Yulia Dian, manajer Melanie Subono, menceritakan kondisi putri promotor Adrie Subono itu. Sejak awal sakit, Melanie Subono memang sudah punya kelainan darah.

"Sejak pertama mengalami menstruasi, berapa belas tahun dia sudah punya kelainan darah. Level pembekuan tinggi, jadi hampir semua darah membeku, membentuk macam-macam, dari kista, miom, tumor. Ada yang ganas dan tidak ganas," jelas Yulia Dian, personal manajer Melanie Subono kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

"Gumpalan darah terjadi berkali-kali dan menjalar ke mana-mana. Pertama operasi saat SMA dan gumpalan yang diambil 7x8 cm lalu sampai tahun ini ada 6 sampai 7 kali operasi macam-macam," sambungnya.

Operasi yang sudah dijalani Melanie Subono mulai dari kista biasa dan kista darah. Rahim Melanie Subono juga sampai harus diangkat.

"Ada yang kista biasa, ovarium, kista darah, di mana Rahim harus diangkat, cube block yang akhirnya beberapa tahun lalu jadi nggak bisa punya anak. Level HPV 16 dan 18, turun naik penanda servik," beber Yulia Dian soal kondisi Melanie Subono.

"Tapi saat ini lagi agak adem. Melanie sendiri karena punya masalah dengan napas dan lain-lain, yang terjadi saturasi turun, bukan COVID," tegasnya.

Melanie Subono rutin memeriksakan kondisinya tiga bulan sekali. Akan tetapi, pada masa pandemi COVID-19 Melanie Subono tak bisa memeriksakan diri ke rumah sakit.

Sampai akhirnya, tiga bulan lalu perut Melanie Subono membengkak. Tumor yang ada di dalam perutnya pecah dan harus segera dilakukan operasi.

"Tiga bulan lalu tiba-tiba perutnya membengkak ternyata ada yang pecah di dalam dan itu membuat dia akhirnya ke dokter dan ternyata berat massa rahim atau perut orang yang 200 sampai 300 gram, dia sudah 1,3 kilogram di satu sisi. Juga perlengketan dari operasi sebelumnya yang sudah sangat sering," ungkapnya.

"Akhirnya tidak bisa menunggu karena Melanie ketika menstruasi kadang benar, kadang lebih ke pendarahan. Sering melihat Mel lagi orasi atau manggung itu sebenarnya dia sedang pendarahan berat dan itu dia alami puluhan tahun," tukas Yulia Dian.

Akhirnya Melanie Subono melakukan operasi beberapa hari lalu. Operasi dilakukan untuk membersihkan tumor yang pecah di dalam perutnya.



Simak Video "Cerita Melanie Subono Harus Kehilangan Rahim Gara-gara Penyakit"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/mau)