Terseret Kasus Penggelapan Pajak, Mantan Zheng Shuang Didenda Rp 71,5 M

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Sabtu, 06 Nov 2021 11:05 WIB
Zheng Shuang
Zheng Shuang dikaitkan pada kasus penggelapan pajak mantan kekasihnya. Dok. Facebook Zheng Shuang Philippines
Jakarta -

Mantan kekasih aktris Zheng Shuang dikabarkan dikenai denda sebesar Rp 71,5 miliar karena terseret kasus penggelapan pajak pada akhir Oktober lalu.

Zheng Shuang merupakan seorang aktris asal Tiongkok yang dikenal melalui perannya dalam Meteor Shower (2009 - 2010) sebagai Chu Yuxun. Mantan mitra aktris kelahiran 22 Agustus 1991 ini dikabarkan telah dikenakan denda kurang lebih sebesar 32 juta yuan atau setara dengan Rp 71,5 miliar per tanggal 17 Oktober 2021. Hal ini dkarena ia telah membantu seorang aktris untuk menghindari pajak.

Otoritas pajak Shanghai mengungkapkan bahwa pihaknya mendenda mantan Zheng Shuang yang bernama Zhang Heng ini karena ingin menghindari pembayaran pajak sebesar 43 juta yuan. Zhang yang memiliki hubungan lama dengan Zheng akhirnya menjelaskan kronologi yang dilaluinya dalam penghindaran pajak kepada pihak berwenang.

"Mengingat bahwa Zhang menjadi salah satu pelapor pelanggaran dalam kasus penggelapan pajak Zheng, ia dikenakan denda sebanyak tiga perempat jumlah pajak yang dihindarinya, dengan total 32,27 juta yuan," ungkap pernyataan Dinas Pajak Kota Shanghai, dikutip dari Asia One.

Aktris Zheng Shuang dan mantan kekasihnya.Aktris Zheng Shuang dan mantan kekasihnya. Foto: Dok. Ist

Otoritas pajak juga menemukan fakta bahwa Zhang yang merupakan agen Zheng pada saat itu telah membantunya untuk menandatangani sebuah kontrak dengan bayaran 160 juta yuan di akhir 2018. Padahal, kontrak yang diajukan ke otoritas pajak, gajinya hanya tercantum sebesar 48 juta yuan atau Rp 107 miliar.

Menurut laporan dari layanan pajak, Zhang telah membantu Zheng mendirikan perusahaan baru dengan namanya untuk menerima gaji tersembunyi. Melalui kasus tersebut, Zheng pun dilarang untuk tampil di industri hiburan. Selain itu, keberadaannya di situs China hampir disensor secara keseluruhan.

Sebelumnya, pada November 2019 keduanya terlihat sedang berada dalam perselisihan hukum. Zheng menggugat Zhang atas pembayaran utang sebesar 20 juta yuan setelah kabar mengenai perpisahan mereka beredar.



Simak Video "Eksistensi Vicky Zhao 'Dilenyapkan' China, Apa Alasannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)