Hakim Roda Emas, Musuh Paling Sakti Pendekar Rajawali Ternyata Pengantin Baru

tim detikhot - detikHot
Kamis, 04 Nov 2021 06:30 WIB
Zhang Lei
Hakim Roda Emas di The Legend of the Condor Heroes Foto: dok ist Zhang Lei
Jakarta -

Zhang Lei alias Mark Cheung Lui pernah mengisi kebencian anak-anak era 90'an. Dia adalah pemeran Hakim Roda Emas di The Legend of the Condor Heroes yang diperankan Andy Lau.

Zhang Lei, merupakan aktor terkenal di Hong Kong. Ayah Zhang Lei adalah seorang master Hong Quan. Sejak kecil, ia sudah belajar seni bela diri.

Lahir di Shanghai pada 2 Oktober 1954, ia juga merupakan lulusan Wuyu Middle School. Usai sekolah, ia menjadi seorang perawat di rumah sakit umum.

Di sela-sela pekerjaan itu juga ia aktif di dunia seni bela diri, hingga bergabung dengan industri hiburan sebagai instruktur. Pada akhir 1970-an, ia hidup dalam lingkaran film Hong Kong. Sebagian besar karyanya diambil pada 1980-an dan 1990-an.

Kariernya terbentang jauh hingga era milenium, pada 2002, ia muncul dalam drama ATV Storm, berperan sebagai polisi. Pada 2014, ia juga tampil dalam The Romance of Cocoon Town, sebagai Inspektur Li Changdeng.

Meski kini usianya lebih dari 65 tahun, Zhang Lei masih berlatih seni bela diri. Ia mempertahankan penampilannya sebagai sosok keras yang punya gerakan lincah.

Setelah 40 tahun berkarier di dunia film, Zhang Lei juga kini ditunjuk sebagai wakil presiden Serikat Aktor Aksi Aksi Hong Kong. Tapi di Indonesia, Zhang Lei begitu dikenal sebagai Hakim Roda Emas, biksu sakti yang jadi pejuang Mongol.

Zhang LeiZhang Lei Foto: dok ist Zhang Lei

Kemunculannya kerap bikin bergidik, ilmunya tinggi bahkan jadi musuh paling sulit dikalahkan.

"Ketika saya berperan sebagai Hakim Roda Emas, saya ingat syuting yang menyenangkan, dan saya bertemu Hua Tsai (Yoko yang diperankan Andy Lau) dan bermain (dengannya)," katanya seperti dilansir HK01.

Salah satu syuting serial yang juga besar di Indonesia era 90'an itu diambil di Singapura. Ia pun mengisahkan begitu besarnya antusias publik menyambut mereka ketika sampai ke negaranya.

"Saya merasa seperti The Beatles datang ke Hong Kong. Ketika melangkah keluar dari bandara, dikelilingi oleh banyak orang, dan pemandangan itu keren banget," tuturnya.

Pada 2017, Zhang Lei dikabarkan menikah dengan kekasihnya yang 11 tahun lebih muda, Zheng Shuyi. Ia disebut mengakhiri perjalanan cinta selama 38 tahun di pelaminan.

Zhang Lei diwawancarai oleh kknews melalui telepon soal kabar tersebut. Tak banyak yang diungkapkannya kala itu.

"Terima kasih! Ini hanya untuk pendaftaran. Kebetulan teman yang bekerja di pencatatan nikah ada waktu senggang, jadi diambil saja mumpung ada waktu," katanya.

Zhang LeiZhang Lei Foto: dok ist Zhang Lei


Simak Video "Perintah Keras China soal Pendidikan Para Artis Cilik "
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/ass)