Fakta Chong Li Si Musuh Bersama, Ternyata Atlet Hebat

tim detikhot - detikHot
Selasa, 02 Nov 2021 07:05 WIB
chong li
Yang Sze, Bolo Yeung alias Chong Li musuh Jean-Claude Van Damme Foto: chong li dok Bloodsport
Jakarta -

Nostalgia tentang film aksi, tak bisa dilepaskan dari sosok Yang Sze, Bolo Yeung alias Chong Li. Dia musuhnya Jean-Claude Van Damme.

Dia merupakan binaragawan asal China yang aktif di dunia seni bela diri. Bolo Yeung memulai seni bela diri sejak usia 10 tahun. Dia belajar langsung di bawah master kung fu.

Setelah dewasa, Bolo Yeung tertarik pada binaraga dan kemudian jadi juara di cabang olahraga tersebut. Bolo Yeung memegang gelar itu selama sepuluh tahun karena fisiknya yang kekar terjaga.

Bolo Yeung berperan dalam film Enter the Dragon. Ia beradu akting dengan Bruce Lee dalam film tersebut.

Tapi perannya paling dibicarakan saat tampil di flm Bloodsport. Film tersebut digarap pada 1988 dengan anggaran 1,5 Juta USD. Hasilnya, Bloodsport jadi box office di Amerika.

Jean-Claude Van Damme jadi pemeran utama sebagai Frank Dux. Sementara Bolo Yeung memainkan peran Chong Li.

Persahabatan yang kuat terbentuk antara dua aktor di set Bloodsport. Van Damme tidak menginginkan siapa pun kecuali Bolo untuk bermain sebagai lawan mainnya dalam film itu.

"Saya menyadari bahwa saya masih sangat populer di kalangan penonton dan itu membuat saya sangat bahagia. Saya pikir semuanya dimulai dengan Bruce Lee dan Enter the Dragon (1973). Semua penggemar dan penonton dari 20 tahun yang lalu masih mengingat Bruce lee sebagai bintang terbesar. Mereka masih belum menemukan siapa pun untuk menggantikannya. Juga membantu bekerja dengan Jean Claude Van Damme di film-filmnya. Seperti Bruce lee, Jean-Claude menawarkan paket khusus, tampilan unik yang menarik dan membuat penonton datang kembali," ungkapnya seperti dilansir wingchunnews.

Berikut fakta-fakta Bolo Yeung:

Mantan Juara Binaraga Hong Kong, dia memenangkan gelar pada 1967, dan memegangnya selama sepuluh tahun. Dia juga mantan Juara Powerlifting China Daratan.

Memiliki dua putra, Danny & David Yeung, dan seorang putri Debbra.

Bolo Yeung merupakan atlet angkat besi, dia juga berlatih bersama putranya, David, yang juga merupakan juara binaraga.

Bloodsport film pertama Bolo Yeung yang menembus Hollywood.

"Saya memiliki kesempatan untuk datang ke Amerika pada 1973. Semua rencana telah dibuat. Kemudian Bruce meninggal, dan semuanya gagal. Jadi saya datang ke sini terlambat 17 tahun. Mungkin saya sudah agak tua sekarang, tapi itu tidak masalah," katanya kala itu.

Dia adalah Ketua Asosiasi Gym Hong Kong, dan Manajer Tim dari Pasukan Binaragawan Internasional Taipei.

Berteman baik dengan Bruce Lee dan terkadang mereka berkumpul untuk berlatih atau mendiskusikan kung fu.

"Semua penggemar dan penonton dari 20 tahun yang lalu masih mengingat Bruce Lee sebagai bintang terbesar. Mereka masih belum menemukan siapa pun untuk menggantikannya," katanya.

Kebagian peran villain terus. "Seni perang mengatakan, mundur saat musuh maju. Ini bekerja, apakah saya pahlawan atau penjahat. Saya bukan anak kecil lagi, di mana kegugupan membuat saya tidak bisa tidur. Saya selalu senang menjadi orang jahat."

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Respons Wagub DKI hingga Polda Metro soal Rencana Kedatangan Miyabi"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/dar)