Penyanyi Taiwan Dihilangkan China, Rekan Musisi Protes

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Rabu, 27 Okt 2021 07:35 WIB
Namewee, penyanyi asal Malaysia-Australia yang dihilangkan Pemerintah China.
Namewee dilarang tampil di China usai rilis lagu kontroversial. Dok. YouTube
Jakarta -

Pemerintah China sepertinya benar-benar membersihkan dunia hiburan mereka dengan menerapkan aturan yang sangat ketat. Mulai dari bebas skandal, kewarganegaraan hingga pendapatan pun diatur semua-semuanya oleh pemerintah.

Seperti yang terjadi pada penyanyi bernama Namewee yang merupakan keturunan Malaysia-Australia itu. Ia masuk dalam daftar hitam sehingga dihilangkan oleh pemerintah China dan dilarang tampil atau pun berkarya di sana.

Hal tersebut merupakan imbas dari protes Namewee pada pemerintah China lewat karyanya bertajuk Fragile. Kini ia pun mendapatkan dukungan dari beragam musisi, mulai dari rapper Dwagie hingga penyanyi Chen Chia-hsing.

"Orang-orang ini lupa jika dunia makin berkembang dan itu adalah salah satu tipe tindakan bar-bar yang akan hanya menjadi makin menjijikan," tutur Chan Chia-hsing pada CNA.

Ia pun mengomentari trend Chinsulting, atau momen di mana ada kegiatan atau perbuatan yang memalukan China. Menurutnya istilah tersebut telah salah kaprah dan kebablasan sehingga membuat banyak orang dengan bebas menuding siapa saja melakukan Chinsulting.

"Chinsulting itu membuat kecanduan. Sekali kau melakukannya (menuduh) maka kau akan tersadar jika tak ada yang perlu ditakutkan," terangnya.

Menurutnya jika masyarakat dan publik figur bisa saling menghargai kebebasan maka tak akan ada tudingan-tudingan buruk yang menjadi viral hingga menghancurkan hidup atau karir seseorang yang diawali hanya dari prasangka saja.

Ia pun menyebutkan jika tak ada lagi kebebasan jika setiap orang dengan bebasnya saling menuding dan menaruh prasangka seperti itu. Sang penyanyi pun membandingkannya dengan apa yang terjadi di Taiwan.

"Kebebasan berbicara di Taiwan sangat bagus. Tak perlu lah mereka mengandalkan pasar China sebagai pemasukan utamanya, karena salah-salah malah dianggap melakukan Chinsulting," ujarnya.

Pemerintah China memang telah membuat daftar selebriti yang dianggap bermasalah dan terancam dihilangkan. Gong Li menjadi salah satunya, dan ia pun segera mencoba untuk memperbaiki hal tersebut dengan melepas kewarganegaraannya di Singapura.

Lihat juga video 'Usai Jadi Target Pemerintah China, Vicky Zhao Kini Digugat Perusahaan':

[Gambas:Video 20detik]



(ass/ass)