Deretan Seleb Ini Jadi Korban Video Seks Deepfake

tim detikhot - detikHot
Jumat, 22 Okt 2021 10:49 WIB
Ili Cheng
Korban video seks deepfakes Foto: dok instagram Ili Cheng
Jakarta -

YouTuber yang menggunakan nama Xiao Yu, baru-baru ini ditangkap karena menjual video porno deepfake. Pemalsuan wajah itu sasarannya mulai dari influencer, hingga selebriti, bahkan pejabat pemerintah.

Xiao Yu, yang bernama asli Zhu Yu Chen, cabut dari YouTube pada April tahun ini. Saat itu, sudah ada desas-desus dia terlibat dalam pemalsuan video influencer deepfake.

Video deepfake memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengganti wajah dengan tampang orang lain. Teknologi tersebut memang semakin mudah diakses.

Hasilnya, menimbulkan gelombang video seks deepfake yang menampilkan selebriti. Berikut korban-korbannya:

1. Jolin Tsai

[Gambas:Instagram]



Menurut daftar yang beredar, korban video deepfake termasuk selebriti seperti Jolin Tsai. Investigasi polisi mengungkapkan bahwa merekayasa video ini adalah bisnis yang sangat menguntungkan bagi Xiao Yu.

Dia menjalankan bisnis yang ketat, netizen harus membayar biaya keanggotaan beberapa ratus dolar, sebelum diberikan akses yang dimoderasi.

Jolin Tsai kini berusia 41 tahun, ia adalah penyanyi dan dancer berkebangsaan Taiwan. Ia dikenal sebagai penyanyi untuk Mandopop.

2. Ili Cheng

Ili ChengIli Cheng Foto: dok instagram Ili Cheng

Ili Cheng merupakan influencer yang menarik perhatian netizen. Ia mengaku bakal menuntut Xiao Yu atas video seks deepfake.

"Sebagai korban, saya sangat berharap penyelidikan untuk kasus seperti ini, dengan begitu banyak korban. Saya harap diusut tuntas, sehingga kebenaran dapat terungkap. Karena penyelidikan masih berlangsung, tidak nyaman bagi saya untuk berkomentar lebih lanjut. Namun, begitu mereka mengkonfirmasi identitas pelaku, saya pasti akan menuntut mereka. Terima kasih atas perhatiannya," ungkap lli Chen seperti dilansir todayonline.

lli Chen juga mengingatkan semua orang untuk tidak mengunduh video semacam itu karena merupakan bentuk kekerasan seksual.

3. Holger Chen

[Gambas:Instagram]



YouTuber Taiwan Holger Chen, adalah satu-satunya pria yang disebutkan dalam daftar korban. Ia bingung bisa menjadi korban.

Dia menanggapi berita itu dengan serius, meski tidak mengerti mengapa Xiao Yu harus menggunakan video deepfake untuk mendapatkan uang.



Simak Video "Selain Alibaba Jack Ma, Ini Sederet Perusahaan yang Dicolek China"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/dar)