Kristen Bell, Penyintas Depresi yang Aktif Suarakan Pentingnya Kesehatan Mental

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Senin, 25 Okt 2021 12:40 WIB
Kristen Bell accepts the #SeeHer award at the 25th annual Critics Choice Awards on Sunday, Jan. 12, 2020, at the Barker Hangar in Santa Monica, Calif. (AP Photo/Chris Pizzello)
(Foto: AP Photo) Kristen Bell merupakan pendukung pentingnya masalah kesehatan mental. Sebagai penyintas depresi, dia kini aktif menyuarakan permasalahan ini.
Jakarta -

Kristen Bell yang merupakan aktris berkebangsaan Amerika Serikat yang telah mendapat berbagai penghargaan di dunia perfilman. Perempuan kelahiran 18 Juli 1980 di Huntington Woods ini memulai debut filmnya pada tahun 1998. Selain membintangi film Kristen Bell juga mengisi suara pada film animasi seperti Frozen sebagai Anna dan Zootopia sebagai Priscillia.

Kristen Bell merupakan salah satu pendukung akan pentingnya tentang kesadaran kesehatan mental. Kristen sadar bahwa gangguan kesehatan mental sama halnya seperti penyakit yang dialami secara fisik.

Menurutnya melakukan pemeriksaan kesehatan mental sama pentingnya dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi atau pun dokter umum. Kristen Bell merupakan penyintas depresi mengatakan bahwa kesehatan mental itu harus lebih diperhatikan dan ditangani secara serius.

Kristen Bell pernah menuliskan tentang masalah kesehatan mentalnya pada Motto, sebuah platform dari majalah Time. Kata-kata yang dituliskan menghapus stigma tentang kesehatan mental. Dia juga menekankan bahwa kesehatan mental itu ada dalam berbagai bentuk.

Dalam esainya Kristen Bell menulis bahwa stigma tentang kesehatan mental itu merupakan hal ekstrem. Dia juga menegaskan bahwa masalah kesehatan mental memang nyata. Lebih lanjut ia memaparkan sebuah fakta bahwa 20 persen dari penduduk Amerika memiliki penyakit mental pada hidup mereka, tetapi banyak yang belum membicarakan tentang kesadaran penyakit mental tersebut.

Masalah kesehatan mental yang seringkali dipandang sebelah mata bukanlah persoalan yang bisa dianggap remeh. Seperti pada wawancara dengan NAMI, Kristen Bell mengatakan bahwa seseorang yang sedang depresi tidak dapat dilihat hanya dari luar saja, karena hal itu berhubungan dengan masalah internal yang ada pada diri seseorang.

Ia juga berkata bahwa tidak perlu malu untuk mengatakan bahwa anda memerlukan bantuan untuk mengatasi masalah kesehatan mental yang Anda hadapi.

(aay/aay)