Nggak Asal Berisik, Musik Metal Disebut Baik Buat Kesehatan Mental

Dicky Ardian - detikHot
Minggu, 15 Agu 2021 14:26 WIB
Dua Kakek Kabur dari Panti Jompo ke Festival Musik Heavy Metal
Nggak Asal Berisik, Musik Metal Disebut Baik Buat Kesehatan Mental. (Foto: DW (Soft News))
Jakarta -

Musik metal kadang dianggap sebelah mata. Mungkin karena musiknya yang cadas dan terkesan berisik bagi sebagian orang.

Belum lagi, penampilan personel dan pendengar musik metal juga terkesan sangar. Stigma tersebut tentu saja tidak benar.

Apalagi ternyata musik metal punya manfaat buat kesehatan pendengarnya. Sebuah penelitian yang berlangsung pada 2019 menyebutkan mendengarkan musik heavy metal baik untuk kesehatan mental.

Profesor Nick Perham, ahli psikologi yang kebetulan juga penyuka musik metal mengatakan para metalhead biasa mendengarkan musik yang cadas. Hal itu disebut bisa membantu mereka mengelola emosi.

"Terlepas dari konten lirik yang sering mengandung kekerasan dalam beberapa lagu heavy metal, penelitian yang baru-baru ini diterbitkan telah menunjukkan bahwa penggemar tidak menjadi peka terhadap kekerasan, yang meragukan efek negatif yang sebelumnya diasumsikan dari paparan musik semacam itu dalam jangka panjang," tulis Profesor Perham yang dilansir dari Loudwire.

Belum cukup, ia juga mengatakan para penggemar musik metal jauh lebih bahagia saat muda dan itu berpengaruh untuk masa tuanya.

"Memang, penelitian telah menunjukkan penggemar jangka panjang lebih bahagia di masa muda mereka dan lebih baik menyesuaikan diri di usia paruh baya dibandingkan dengan teman-teman mereka yang bukan fans," ungkapnya.

Dari hasil penelitian, Perham juga menyebut musik yang keras tidak lantas membuat seseorang yang sedang emosi akan bertambah amarahnya.

(dar/mau)