5 Drakor Ini Angkat soal Kesehatan Mental

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Senin, 11 Okt 2021 17:38 WIB
Weightlifting Fairy Kim Bok Joo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Setiap 10 Oktober, seluruh dunia akan memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day. Kesehatan mental sendiri menjadi salah satu tema yang cukup banyak digunakan di berbagai judul drama Korea.

Para penulis naskah pun menampilkan perjalanan para karakter yang mengalami masalah kesehatan mental untuk bisa damai dan sembuh dari permasalahannya. Banyak penonton yang juga sangat menikmati drakor dengan tema seperti itu.

Berikut sederet serial drama Korea tentang kesehatan mental yang bisa kamu tonton. Yuk, simak!

1. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Weightlifting Fairy Kim Bok-jooWeightlifting Fairy Kim Bok-joo Foto: Dok. MBC

Drama yang dibintangi Lee Sung Kyung dan Nam Joo Hyuk ini berkisah tentang Kim Bok Joo, seorang atlet angkat besi yang ingin meraih medali emas. Secara kebetulan, dia bertemu dengan Jung Joon Hyung, seorang atlet renang yang satu kampus dengannya.

Impian Bok Joo untuk mendapat medali emas terhenti ketika dia jatuh cinta dengan kakak laki-laki Joon Hyung. Dia pun mulai insecure dengan berat badannya dan mulai memikirkan kembali seluruh hidupnya.

Akhirnya, Bok Joo mendatangi psikiater dan Joon Hyung membantunya untuk menemukan rasa percaya dirinya kembali.

2. It's Okay To Not Be Okay

It's Okay to Not Be OkayIt's Okay to Not Be Okay Foto: (dok. ist)

It's Okay To Not Be Okay merupakan salah satu drakor populer yang tayang pada 2020. Drama ini bercerita tentang Moon Kang Tae, pria yang bekerja sebagai pengasuh di rumah sakit jiwa sekaligus merawat kakak laki-lakinya yang mengidap autis.

Dia bertemu dengan Go Moon Young, seorang penulis buku anak-anak yang gelap dan bertekad untuk memenangkan hati Kang Tae. Drama ini benar-benar menampilkan para karakter yang memiliki trauma di masa lalu dan akhirnya mereka mulai menangani masalah masing-masing dengan saling memahami satu sama lain.

3. The K2

the K2the K2 Foto: istimewa

Drakor The K2 berkisah tentang Kim Je Ha, mantan tentara bayaran yang ditawari bekerja sebagai pengawal yang menjadi bagian perusahaan keamanan JSS. Tugas pertamanya adalah menjaga hunian sekaligus menjadi penjaga Go An Na.

Go An Na sendiri adalah anak hasil hubungan gelap Jang Se Joon yang sejak kecil selalu disiksa secara mental oleh ibu tirinya. Dia pun tumbuh menjadi gadis tertutup dan mengidap gangguan kecemasan sosial. Dia akan panik saat melihat cahaya terang menyorotinya. Setelah bertemu dengan Je Ha, An Na pun perlahan mulai berubah dan benih cinta pun tumbuh di antara keduanya.

4. Just Between Lovers

Just Between LoversJust Between Lovers Foto: (dok. ist)

Dibintangi Junho 2PM dan Won Jin Ah, Just Between Lovers menceritakan tentang kecelakaan tragis yang dialami Lee Kang Doo dan Ha Moon Soo saat masih kecil. Ketika dewasa, keduanya bertemu lagi dan tidak menyadari bahwa pernah saling terlibat dalam kecelakaan tersebut.

Rupanya, Moon Soo masih sangat trauma dengan masa lalunya tersebut dan Kang Doo membantunya untuk berdamai dengan masalah tersebut. Keduanya pun saling jatuh cinta dan membantu satu sama lain untuk menemukan tujuan.

5. SKY Castle

Sky Castle drama KoreaSky Castle drama Korea Foto: Dok. JTBC

Terakhir, ada drama SKY Castle yang menyoroti masalah kesehatan mental pada siswa yang cukup banyak dibicarakan masyarakat seluruh dunia. Drama ini berkisah tentang empat keluarga yang berlomba agar anak-anak mereka masuk ke universitas ternama di Korea Selatan.

Saat menonton drama ini, penonton akan disuguhkan dengan tekanan dan dorongan yang dihadapi siswa agar mendapat nilai dan prestasi yang menyebabkan mereka mengalami gangguan dan menjadi depresi.



Simak Video "Menanti Akting Jisoo BLACKPINK di Drama Garapan Penulis 'SKY CASTLE'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)