Suami Anak Nia Daniaty Ngaku Tak Tahu soal Dugaan Penipuan, Korban: Mustahil!

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 20 Okt 2021 12:23 WIB
Olivia Nathania (bermasker hitam) usai jalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya soal dugaan CPNS fiktif
Foto: Olivia Nathania (bermasker hitam) usai jalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya soal dugaan CPNS fiktif (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Kasus penipuan tes CPNS yang dilakukan oleh anak Nia Daniaty, Olivia Nathania, jadi makin panas. Pengacara korban, Odie Hudayanto, pun menjelaskan perihal keikutsertaan Rafly Noviyanto Tilaar, suami Olivia Nathania.

Menurutnya sangat aneh jika Rafly mengaku tak tahu-menahu dengan penggunaan rekening miliknya sebagai penampung dana tersebut.

Salah satu korban yang hadir di acara jumpa wartawan kasus hukum tersebut pun mengaku, jadi saksi mata terkait pemberian dana dari korban lainnya.

"Saya diperkenalkan sama Rafli pada 2019, dia datang ke kami dengan Olivia dan bahkan ada transaksi di mana orang menyerahkan uangnya itu ada Rafli. Jadi kalau dia tidak tahu itu hal yang mustahil," tutur Agustin saat ditemui di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan pada Rabu (20/10).

"Hal yang mustahil kalau Rafli tidak tahu-menahu," tambahnya.

Ia pun menceritakan bagaiamana Olivia Nathania meyakinkan para korban, terkait tes tersebut yang disebutnya sudah dilakukan sejak empat tahun lalu.

Namun ketika ditanya salah satu contoh peserta yang turut dibantu olehnya, wanita yang akrab disapa Oi itu berkilah.

"Dia bilang ke saya sudah empat tahun mengurus ini dan ini kelima. Waktu itu saya tanya apakah ada contoh orang yang sudah sukses, tapi dia bilang orangnya nggak mau di ekspos," terangnya.

Sebelumnya, Rafly Noviyanto Tilaar mengaku tidak tahu mengenai rekeningnya yang digunakan untuk menerima uang korban dugaan penipuan iming-iming CPNS.

Rafly Noviyanto Tilaar yang merupakan suami Olivia Nathania bahkan kaget saat ketahui istrinya menerima uang tersebut.

Olivia pun menjelaskan jika dirinya kala itu tak terlalu dekat dengan sang suami, karena Rafly harus pergi menjalankan pendidikan CPNS usai menikah dengannya.

Hal ini diungkapkan Olivia Nathania untuk menjawab pertanyaan terkait ketidaktahuan Rafly soal ATM-nya yang digunakan untuk terima uang dari terduga korban.

"Tidak pernah (diskusi dengan suami). Karena statusnya pas masih pacaran, dia lagi pendidikan. Ketika menikah, besoknya dia langsung berangkat dinas," tutur Olivia Nathania.

"Komunikasi sendiri kita ya kalau telponan layaknya suami istri, baru nikah saja nggak ngomongin apa-apa," lanjut Olivia pada 11 Oktober lalu.

Olivia Nathania bersama suaminya, Rafly Noviyanto Tilaar, diduga melakukan penggelapan, penipuan, dan pemalsuan surat CPNS. Korban disebut mencapai 225 orang dengan total kerugian Rp 9,7 miliar.



Simak Video "Olivia Nathania Resmi Ditahan Terkait Kasus CPNS Bodong"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)