Ini Sosok yang Bantu Rachel Vennya Kabur dari Karantina Wisma Atlet

Tim Detikhot - detikHot
Rabu, 13 Okt 2021 20:41 WIB
Jakarta -

Berita mengenai selebragm Rachel Vennya yang kabur saat menjalani karantina di Wisma Atlet menjadi viral di media sosial. Ia diketahui kabur setelah ketahuan menghadiri acara ulang tahun yang tak sengaja terekam.

Setelah penyelidikan mengenai kasus kaburnya Rachel Vennya dari Wisma Atlet, pihak Kodam Jaya akhirnya mengeluarkan pernyataan terdapat oknum TNI berinisial FS yang terlibat.

Kapendam Jaya, Kolonel Herwin BS dalam pernyataan tertulis mengatakan oknum TNI tersebut adalah sosok yang membantunya untuk kabur.

"Saat ini Pihak Kodam Jaya sedang dalam proses penyelidikan terkait berita kaburnya Selegram Rachel Vennya dari Karantina di RSDC Wisma Atlet Pademangan, pemeriksaan yang dilakukan dimulai dari hulu sampai ke hilir," kata Kapendam Jaya, Kolonel Herwin BS.

"Dari hasil penyelidikan sementara, terdapat temuan bahwa adanya Oknum anggota TNI bagian Pengamanan Satgas di Bandara yang melakukan tindakan Non Prosedural," ucap Herwin.

Herwin BS memaparkan Keputusan Kepala Satgas COVID 19 Nomor 12/2021 pada 15 September 2021 menyatakan yang berhak mendapat fasilitas repatriasi karantina di RSDC Wisma Pademangan adalah pekerja migran Indonesia (PMI), pelajar atau mahasiswa Indonesia setelah mengikuti pendidikan atau melaksanakan tugas belajar dari luar negeri dan pegawai pemerintah yang kembali ke Indonesia setelah perjalanan dinas dari luar negeri. Rachel Vennya tak termasuk ketiganya.

"Pada saat pendalaman kasus, ditemukan adanya dugaan tindakan nonprosedural oleh oknum anggota Pengamanan Bandara Soetta (TNI) berinisial atas nama FS, yang telah mengatur agar selebgram Rachel Vennya dapat menghindari prosedur pelaksanaan karantina yang harus dilalui setelah melakukan perjalanan dari luar negeri," terang Herwin.

Setelah ditemukan keterlibatan oknum, Pangdam Jaya selaku Pangkogasgabpad COVID-19, Mayjen TNI Mulyo Aji memerintahkan penyidikan terhadap FS. Herwin menyebutkan Mayjen Mulyo Aji meminta proses pemeriksaan dilakukan secara cepat.

Meski kasus kaburnya Rachel Vennya dari Wisma Atlet sudah heboh, namun sang selebgram masih bungkam. detikcom pun sudah menghubungi langsung tapi tak ada jawaban terkait hal tersebut.

Biasanya, Rachel Vennya kerap berbicara jika ada isu tak sedap menimpanya, termasuk beberapa waktu lalu tentang tudingan menggunakan dana bansos.

Ibunda Rachel Vennya, Vien Tasman, ketika diwawancarai detikcom pun memilih untuk sama sekali tidak berkomentar.

Isu Rachel Vennya kabur itu muncul saat sebuah tulisan dari netizen yang mengaku sebagai pekerja tempat karantina COVID-19 di Jakarta. Ia menyebut Rachel yang seharusnya dikarantina selama beberapa hari, tapi mendadak menghilang di hari ketiga.

Rachel Vennya dikarantina lantaran habis dari New York, Amerika Serikat. Belum diketahui secara pasti kapan ia datang ke Tanah Air.

Desakan ini muncul usai belakangan heboh selebgram Rachel Vennya diduga hanya menjalani karantina selama tiga hari sepulang dari Amerika Serikat. Sementara aturan sebelumnya mewajibkan masa karantina 8x24 jam, kini diperbarui menjadi 5x24 jam.

(tia/tia)