Baim Wong Sudah Klarifikasi, Sikap ke Kakek Tua yang Disebut Ngemis Tetap Disalahkan

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 12 Okt 2021 14:46 WIB
Jakarta -

Baim Wong sudah memberikan penjelasan soal sikap tak acuh ke seorang kakek. Meski sudah memberikan klarifikasi dan penjelasan, Baim Wong tetap dinilai salah.

Kepada detikcom melalui pesan singkat, Baim Wong menjelaskan apa yang dilihat dan dinilai oleh netizen hanyalah yang terekam di kamera. Ada kejadian yang terekam dan menurut Baim tak semuanya harus diperlihatkan.

Baim Wong menjelaskan perilaku kakek tersebut yang membuatnya tak nyaman. Terlebih sang kakek mengabaikan keselamatan dan cara berbicaranya yang dianggap Baim Wong sudah diluar batas.

"'Baim minta uang dong, minta uang.' Dan dia lakuin itu di atas motor yang lagi berjalan, bukan berhenti," cerita Baim Wong.

Hal itu dinilai Baim Wong tidak sopan. Termasuk juga sangat mengabaikan keselamatan. Baim Wong mengatakan dirinya saat itu sudah sangat ingin marah.

"Terlihat sangat-sangat tidak sopan cara mintanya. Itu saja sebenarnya saya sudah mau marah karena dia minta uang di tengah jalanan saat motor lagi jalan dan saya lagi sama Kiano. Kalau terjadi apa-apa, siapa yang mau disalahkan? Itu sangat diluar batas dan bahaya," tuturnya.

"Saya bilang, 'Nggak Pak. Jangan kayak gini caranya.' Dan itu saya utarakan dengan sopan cara bilangnya. Tidak dengan marah-marah," jelas Baim Wong.

Baim Wong dihujat karena dinilai tak sopan dengan tak acuh pada kakek tersebut dan justru memberikan uang pada driver ojek online yang ada di dekat rumahnya. Suami Paula Verhoeven itu tak memaksa dan menyalahkan penilaian netizen.

"Terkadang mereka yang mengomentari suatu kejadian (netizen) tidak pernah menanyakan dari sudut pandangan orang yang bersangkutan. Cuma saya pun nggak pernah menyalahkan mereka ketika punya persepsi seperti itu. Semua pandangan orang beda-beda dan saya pun nggak pernah mempermasalahkannya," tutur Baim Wong.

"Hanya saya mengingatkan, hati-hati dalam memberikan pernyataan. Takut menjadi salah persepsi, dan akhirnya menjadikan orang benci kepada orang lain karena belum tentu apa yang dilihat itu sesuai dengan bayangan yang ada di pikiran orang yang melihat," ungkapnya.

Selanjutnya, Baim Wong tetap dianggap salah meski sudah memberikan klarifikasi.