Jadi Korban Body Shaming, Begini Reaksi Erika Carlina

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 11 Okt 2021 16:20 WIB
Erika Carlina, influencer dan model
Jadi Korban Body Shaming, Begini Reaksi Erika Carlina. (Foto: dok. Pribadi)
Jakarta -

Erika Carlina jadi korban body shaming. Warna kulitnya yang gelap dinilai netizen telah menghilangkan aura artis.

Erika Carlina memperlihatkan komentar tersebut di feed Instagram.

"Ya ampun Kaka terlalu gelap kulitnya aura artisnya hilang. Di sini bukan barat kakak, tapi di Indo. Jadi kesukaannya itu gak sama dengan orang luar, sedangkan harga jual kerja kakak di indo," tulis netter.

Erika Carlina bereaksi melihat komentar warganet tersebut. Ia memajang foto dengan ekspresi lelah sambil memejamkan mata untuk yang melakukan body shaming.

Erika Carlina kemudian bicara soal kemampuan. Menurutnya, seseorang akan melihat prestasi bukan dari penampilannya.

"Puji Tuhan masih ada PH yg ngelihat gue dari kemampuan nya, bukan dark warna kulitnya," tulis Erika.

Kepada detikcom, Erika Carlina menyebut netizen memang kerap 'menuntut' untuk mengikuti kemauan mereka, seperti salah satunya soal warna kulit. Namun, ia memilih jalannya sendiri yakni mempertahankan keasliannya.

"Itu bukan komentar (nggak enak) sih, tapi lebih ke tuntutan. Biar gue bisa bener-bener sesuai seperti yang masyarakat mau, mau dari segi penampilan atau apa pun. Tapi jujur lebih banyak yang suka dengan aslinya gue kok, jadi ya gue pertahankan diri gue yang asli saja," ujar Erika.

Lebih lanjut, Erika Carlina mengaku tak mau terlihat sempurna di mata warganet. Ia pun tak peduli akan diidolakan banyak orang atau tidak terkait penampilannya.

"Ya memang akan selalu ada nggak sih (komentar nggak enak)? Apalagi jadi gue, yang berani keluar dari zona nyaman cuma buat kebahagian sendiri tanpa mikir, 'orang bakal tetap ngeidolain gue nggak ya? Kalau gue jadi diri sendiri, nggak melulu ngikutin kemauan mereka buat terlihat sempurna'," tutur Erika.

Erika Carlina punya pesan buat orang yang masih memandang fisik. Ia meminta apa pun penampilannya tak menghalangi untuk berprestasi.

"Pesan gue sih, anggap saja gue sebagai perwakilan dari orang-orang yang memiliki kulit hitam dan dianggap tidak layak bisa membuktikan bahwa itu semua salah. Apa pun warna kulitnya, tidak menjadi halangan untuk orang untuk berprestasi," kata Erika.

(mau/nu2)