Kisah Perjalanan Spiritual Mendiang Raditya Oloan

tim detikhot - detikHot
Kamis, 07 Okt 2021 17:24 WIB
Joanna Alexandra, Raditya Oloan
Raditya Oloan meninggal dunia Foto: dok. Instagram
Jakarta -

Raditya Oloan begitu menginspirasi semasa hidupnya. Ia merupakan sosok berpengaruh sebagai seorang pendeta.

Raditya Oloan dikenal sebagai sosok yang ceria, ia mengayomi siapa saja termasuk keluarga. Suami Joanna Alexandra itu juga selalu tampil apa adanya.

Raditya Oloan dahulu adalah seorang bandar narkoba. Selain berurusan dengan narkoba, ia juga menghamili Joanna Alexandra di luar nikah. Pada saat itulah hatinya terbuka dan menjadi taubat.

Ia kemudian melakukan taubat dengan sungguh-sungguh hingga menjadi pendeta.

"Ya mungkin teman-teman sebagian udah ada yang tahu, pernah lihat juga. Dia kan dulunya, coba sebut saja bandar narkoba, dia pergaulan bebas yang menurut orang itu nggak bagus ya," ujar adik Raditya Oloan, Icha.

"Tapi memang ada satu titik waktu itu, titik di mana Joanna akhirnya diketahui hamil waktu itu. Justru titik pertamanya adalah dia merasa yang harusnya dia mendapatkan hukuman ya, siapa orang tua yang terima sih kalau tahu anaknya menghamili anak orang, ibaratnya gitu kan."

"Tapi justru waktu dia datang ke ayah kami, ke Papa, tapi justru dia pikirannya diusir dari rumah. Mungkin dicoret dari Kartu Keluarga, tapi justru malah Papa waktu itu bilang, Papa bilang gini, 'Yaudah Dit kalau kamu mau mengugurkan (kehamilan Joanna) Papa yang akan tanggung dosa kamu.' Jadi di situ tuh dia ngerasa ini ada kasih yang nggak bersyarat yang dia dapat dari bapaknya," beber Icha.

Joanna Alexandra juga yang disebut membawa Raditya Oloan makin dekat dengan Tuhan. Joanna Alexandra dan Raditya Oloan juga mempertanggungjawabkan kesalahan mereka.

"Dan itu sih justru pengampunan itu yang akhirnya buat dia ketemu Tuhan. Bahwa kasih tanpa syarat itu ya betul-betul ada dan itu yang membuat dia akhirnya mau bertanggung jawab sama Joanna," tuturnya.

"Dan dia mau betul-betul dia ketemu Tuhan dan dia mengubah hidup dari situ. Akhirnya ya betul-betul kayak ya itulah. Di situ titik baliknya dia. Karena dia menerima pengampunan dan kasih dari Bapak itu," pungkas sang adik, Icha.

Raditya Oloan meninggal dunia pada Kamis (6/5/2021). Raditya Oloan meninggal di usia 36 tahun. Sebelumnya Raditya sempat terpapar COVID-19.

Setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19, kesehatan Raditya Oloan justru menurun. Ia pun kembali dilarikan ke ICU untuk menjalani perawatan intensif karena penyakitnya.



Simak Video "Sosok Raditya Oloan di Mata Augie Fantinus"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)