Kisah di Balik Sukses Para Pelawak

Sudrajat - detikHot
Rabu, 29 Sep 2021 12:55 WIB
paski
Foto: Iskak, Bing Slamet, Ateng, dan Edy Sud. Foto: Tangkapan layar TVRI
Jakarta -

Di balik kisah sukses para pelawak atau comedian rupanya ada andil besar sejumlah tokoh. Mereka ada yang berlatar politisi, menteri, hingga pengusaha. Di ajang Anugerah Komedi Indonesia (Anukom), di Gedung TVRI, Senin malam tadi (27/9/2021), Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) tak melupakan jasa mereka. Tercatat ada 10 nama yang mendapat Penghargaan Tokoh Peduli Komedi, antara lain Agum Gumelar dan Erman Suparno.

Pelawak senior Tarsan Srimulat, Indro Warkop DKI, dan Komeng memberikan kesaksian khusus terkait andil Agum dan Erman. Di tengah kesibukannya sebagai tentara lalu menjadi menteri, Agum antara lain menjadi pembina grup lawak Srimulat.

"Pak Agum itu ngurusi semua pelawak, sampai anak-cucunya di rumah gak keurus," celetuk Komeng disambut tawa Agum dan para hadirin.

Kalau Agum membina Srimulat, sebelum menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno rupanya pernah bertahun-tahun mengayomi para mantan personel Srimulat.

Mereka antara lain Timbul, Tarsan, Tesy, Nunung, Doyok, Mamik, Topan dan Leysus. Lewat Yayasan Samiaji, mereka dibuatkan program "Ketoprak Humor" dan tayang di RCTI sejak 1998-2003. Acara ini pernah meraih Panasonic Award tiga tahun berturut-turut, 2000, 2001, dan 2003. Di pengujung 2003, Ketoprak Humor hijrah ke TV-7 milik Kompas-Gramedia hingga 2007.

Kunci sukses Ketoprak Humor, menurut Erman, antara lain menjadikan legenda dan dongeng tradisional sebagai sumber cerita. Mereka lantas memadukan tata busana glamor bagi para pemain dan tata artistik panggung yang megah.

"Selain itu kami memadukan improvisasi pelawak senior jebolan Srimulat dengan para artis dan model cantik sebagai bintang tamu," tutur Erman.
Hasilnya, tak cuma diminati penonton televisi, juga menginspirasi televisi lain membuat konsep komedi serupa. Pendapat iklan televisi berlipat, honor para pelawak pun berlipat.

Selain Agum dan Erman, delapan tokoh lain yang mendapat penghargaan serupa dari PaSKI adalah Rachmat Gobel, Siti Suryani Taher, Prof Dailami Firdaus, Agi Suyanto, Agi Sugiyanto, Basuki Surodjo, Tjhin Tje Min, dan Bong Djun Fui.

Mewakili mereka, Agum menyatakan terima kasih atas penghargaan tersebut. Dia berharap keluarga besar PaSKI bisa memberi kegembiraan kepada segenap warga bangsa Indonesia. "Karena keberhasilan hanya milik orang-orang yang gembira. Bukan mereka yang murung, sirik, dan dengki. Kalau TVRI mempersatukan bangsa, PaSKI menggembirakan bangsa," kata Agum.



Simak Video "Dipenjara, Qomar: Ingin Membuat Tuhan Tersenyum"
[Gambas:Video 20detik]
(jat/nu2)