Ini Isi Pidato Cinta Laura yang Buat Menteri Agama Hampir Nangis

Tim detikHOT - detikHot
Rabu, 29 Sep 2021 12:21 WIB
Cinta Laura Kiehl saat datang ke kantor detikcom.
Ini isi pidato Cinta Laura yang hampir buat Menteri Agama nangis Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Pidato Cinta Laura jadi pembicaraan karena membuat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hampir menangis. Cinta Laura menjadi perwakilan generasi muda untuk mengekspresikan opini soal moderasi agama.

Di awal pidatonya, Cinta Laura mengaku tidak tahu alasan dirinya diundang dalam acara tersebut. Bahkan Cinta Laura baru pada malam hari sebelum acara membuat pidatonya untuk acara tersebut.

Dalam acara yang sama, Yaqut Cholil Qoumas atau yang akarab disapa Gus Yaqut mengaku hampir menangis. Berikut adalah isi pidato Cinta Laura.

Sebagai generasi Z dan milenial, kami adalah generasi yang akan bertanggung jawab dalam beberapa tahun ke depan atas arah yang akan diambil oleh negara ini agar menjadi negara yang maju, moderen, sejahtera, tentunya terkemuka di mata dunia.

Tapi, nilai-nilai apa saja yang harus kita terapkan ke masyarakat Indonesia agar mimpi-mimpi ini bisa terealisasi? Pada saat ini kita dalam situasi sulit di mana adanya polarisasi dalam opini masyarakat. Terlihat jelas dengan tidak adanya kesepakatan apa yang dibutuhkan oleh negara ini agar benar-benar menjadi satu kesatuan yang kuat.

Dalam satu sisi generasi muda sekarang mempunyai keinginan besar untuk mempromosikan budaya dan identitas bangsa. Kami percaya akan pentingnya untuk negara-negara di luar sana melihat potensi keunikan dan kehebatan negara ini. Tapi, di sisi lain sampai detik ini kita masih sering berkelahi dan menjatuhkan satu sama lain hanya karena perbedaan ras, suku, dan terutama agama.

Bagi saya pribadi, hal tersebut sungguh ironis. Karena bukankah pasal 1 dari UU PNPS mengatakan ada enam agama utama di negara ini? Bukankah motto negara ini Bhineka Tunggal Ika, yaitu berbeda tapi satu? Tapi mengapa walaupun dalam pondasi negara yang begitu memeluk perbedaan dan toleransi tetap saja masih ada konflik?

Apa yang membuat agama mampu membuat kita melupakan inti dari identitas bangsa ini. Sebagai lulusan psikologi dan sastra Jerman, saya dari dulu memiliki kuriositas terhadap cara berpikir manusia. oleh karena itu pengetahuan tersebut saya pelajari dengan memperdalam filosofi.

Selanjutnya, Cinta Laura bicara soal akar masalah masyarakat Indonesia



Simak Video "Rilis Single 'Markisa', Cinta Laura Usung Budaya Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]