Kondisi Terkini Tukul Arwana, Bisa Gerakkan Kaki dan Tangan

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 28 Sep 2021 17:58 WIB
Tukul Arwana saat tampil di acara Hitam Putih.
Kondisi Terkini Tukul Arwana, Bisa Gerakkan Kaki dan Tangan (Foto: Pool/Ismail/detikFoto)
Jakarta -

Kondisi terkini Tukul Arwana pascaoperasi sudah kian membaik. Tukul Arwana kini sudah dapat merespons ucapan orang lain.

Kimon selaku manager Tukul Arwana menjelaskan, saat ini artisnya itu masih di Ruang ICU untuk masa pemulihan pascaoperasi. Tukul Arwana masih membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat dan perlu pengawasan dokter.

"Untuk kondisi Mas Tukul sekarang tanggal 28 September, kondisi beliau masih di Ruang ICU. Beliau masih istirahat secara intens jadi masih dalam pengawasan dokter di Ruang ICU. Kondisi terupdatenya beliau berangsur membaik," ujar Kimon saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (28/9/2021).

Kimon menjelaskan lagi, saat ini Tukul Arwana sudah dapat merespon perintah yang diminta dokter.

Tukul beberapa kali sudah dapat menggerakan tangan dan kakinya jika diminta oleh dokter. Kimon menyebut hal ini merupakan perkembangan dari kondisi pemulihan sang komedian itu.

"Sekarang kalau diperintah udah respon. Misalkan angkat tangan, gerakin kaki, udah respon. Berangsur sudah membaik," ungkap Kimon.

Meski baru dapat merespon ucapan dokter secara perlahan, kondisi Tukul Arwana sudah dapat dikatakan membaik daripada sebelumnya.

Kimon menegaskan, Tukul Arwana memang belum sepenuhnya dapat menggerakan tubuhnya. Hanya menggerakan tangan dan kakinya saja untuk saat ini.

"Ya namanya baru pascaoperasi ya, yang penting sudah ada respon angkat tangan, kaki. Kalau kemarin kan hanya kontak mata, sekarang sudah ada respon perintah," jelas Kimon.

Dilanjutkan Kimon, untuk saat ini Tukul Arwana belum dapat berbicara atau mengeluarkan suara.

"Kalau suara belum," jelas Kimon.

Mengenai kelemahan yang sulit dilalui Tukul Arwana saat ini, Kimon tak berani untuk berkomentar. Ia merasa takut jika nantinya ada kesalahan.

Kimon meminta agar awak media menanyakan langsung pada dokter yang merawat Tukul Arwana.

"Itu mungkin dokter yang bisa menjelaskan. Kalau saya pribadi belum tahu secara persis. Dokter yang bisa menjelaskan," ungkap Kimon.

(pig/dar)