Tukul Arwana Baru Bisa Komunikasi dengan Mata

Hanif Hawari - detikHot
Minggu, 26 Sep 2021 15:28 WIB
Jakarta -

Tukul Arwana masih menjalani perawatan intensif. Saat ini, ia masih berada di ruang ICU.

Setelah mengalami pendarahan otak, Tukul Arwana sempat mendapat penanganan di Rumah Sakit Brawijaya. Kemudian dirujuk ke RS PON dan langsung dilakukan operasi pada 22 September 2021 malam.

Setelah dioperasi, kondisi Tukul Arwana berangsur-angsur membaik. Bahkan pascaoperasi, Tukul Arwana sudah sadar.

"Pasca operasi tanggal 22, 23-nya sudah sadar," kata Rizki Kimon, manajer Tukul Arwana di Rumah Sakit PON, Cawang, Jakarta Timur.

Meski sudah merespons tapi kesadaran Tukul Arwana belum 100 persen. Pascaoperasi Tukul Arwana bisa berkomunikasi menggunakan mata.

"Namanya orang pascaoperasi pasti komunikasinya hanya bertatap mata. Gitu. Selebihnya ada gerakan sedikit," tuturnya.

"Belum bisa diajak ngobrol, hanya kontak mata, tubuh saja yang bisa bergerak," sambung Rizki Kimon.

Tukul Arwana juga sudah tidak menggunakan ventilator. Kondisi Tukul Arwana pun dikatakan sudah semakin membaik.

"Ventilator di mulut sudah lepas. Bahkan beliau setelah operasi, paginya, sudah copot ventilator. Secara mekanisme dokter sudah membaik karena dia tidak memerlukan alat napas bantuan," tutur manajer Tukul Arwana.

Tukul Arwana sampai saat ini juga masih berada di ruang ICU. Teman dan kerabat sang presenter juga belum bisa menjenguk.

"Karena ini belum boleh dibesuk, jadi rekan artis yang tanya ke saya juga belum boleh, karena masih di ICU. Kecuali kalau sudah pindah ke ruang VIP mungkin baru boleh dijenguk," tukas manajer Tukul Arwana.

Selama pemulihan, nantinya Tukul Arwana bisa melakukan treatment penyembuhan. Ada juga beberapa hal yang harus dilakukan Tukul Arwana.

"Oh treatment penyembuhan yang saya dengar dari dokter adalah pasti akan melakukan fisioterapi, mungkin juga bisa pakai obat-obatan, pasca penyembuhannya," kata Rizki Kimon.

(pus/dar)