Az Zikra Jawab Isu Kehilangan Kepercayaan karena Rumor Alvin Faiz

Tim detikHOT - detikHot
Selasa, 28 Sep 2021 09:35 WIB
Sumber Penghasilan Alvin Faiz
Az Zikra Jawab Isu Kehilangan Kepercayaan karena Rumor Alvin Faiz. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Alvin Faiz menjadi sorotan dengan berbagai rumor belakangan ini, sampai akhirnya dia juga memutuskan mundur sebagai ketua dewan pembina yayasan Az Zikra. Rumor Alvin Faiz yang menyeret Az Zikra adalah soal tuduhan penyalahgunaan dana umat.

Posisi Ketua Dewan Yayasan Az Zikra saat ini dipegang oleh KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf. Dia meyakini tidak mungkin seorang Alvin Faiz keluar dari Az Zikra.

"Kalau keluar dari Az Zikra, nggak mungkin. Nggak mungkin keluar dari Az Zikra," kata KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf ditemui di kawasan Bukit Az Zikra, Sentul, Jawa Barat.

Menyoal rumor yang menimpa Alvin Faiz dan membuat yayasan Az Zikra kehilangan kepercayaan, KH. Muhammad Abdul Syuskur Yusuf memberikan jawaban yang bijaksana.

"Semua seperti roda berputar, kadang ada di atas, kadang ada di bawah, itu keniscayaan. Ada kelebihan, ada kekurangan, itu keniscayaan. Saya kira semua lembaga sama. Semua orang juga sama," katanya.

"Kalau kita mengatakan orang lain punya masalah, orang lain punya aib, kita juga tidak punya? Artinya kita menganggap inilah semangat, kalau tidak ada kekurangan, mungkin kita bisa sombong. Maka Az Zikra ini terus berkembang, terus maju," sambung KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf.

Adanya kekurangan justru akan menjadi faktor untuk melakukan evaluasi. KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf mengatakan Az Zikra kelak akan melakukan evaluasi untuk menjadi lebih baik lagi.

"Insyaallah jika ada kekurangan kita evaluasi, kita perbaiki. Jika ada sesuatu yang baik, insyaallah kita pertahankan dan usahakan lebih baik lagi. Jadi kalau dikatakan sekarang kita yang dapat amanah, inilah ladang amal buat kita, masyayikh kita sudah menitipkan, jadikan ini sebagai medan perjuangan untuk akhirat untuk cari ridho Allah SWT kita terus berusaha untuk jadi lebih baik," ungkapnya.

Adanya perubahan struktur organisasi kepengurusan Az Zikra juga tidak gamblang disebut karena munculnya berbagai rumor tentang Alvin Faiz. Menurut KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf akan selalu ada perbaikan dalam organisasi.

"Istilahlah perbaikan itu bagi mukmin harus setiap waktu. Harus setiap waktu untuk memperbaiki dan memperbaiki, maka dulu almarhum murobbi selalu mengatakan, 'Hendaklah kita selalu dalam kebaikan dan perbaikan.' Maka bisa dimaknai bahwa perbaikan ini terjadi terus-menerus," ucapnya.

"Kita juga nggak tahu besok, lusa, tahun depan atau apa pasti dinamika itu terjadi. Maka katakanlah ada perubahan ini, saya kira inilah takdir Allah, takdir Allah yang pada saat itulah Az Zikra lebih baik lagi, artinya kita sebagai pemangku amanah insyaallah menjalankan dengan koordinasi, kebersamaan, semangat perubahan, semangat kemanfaatan yang lebih besar ke depan. Jadi artinya islah ini kita lakukan setiap saat. Kita memandang ini hasil musyawarah," beber KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf.

Dikatakan olehnya, dewan syariah melakukan perubahan itu bukan hanya sekadar dari hasil pemikiran.

"Dewan syariah bukan hanya sekadar pemikiran mereka (memutuskan ini), mereka istikharah, mereka musyawarah, akhirnya masyayikh kita membimbing kita segera memang harus ada perubahan. Itu juga masa pandemi kita harus mensiasati dalam dakwah, dalam menebar kemanfaatan, ya inilah takdirnya," tegas KH. Muhammad Abdul Syukur Yusuf.

Lihat juga video 'Pendiri Mualaf Center Indonesia Minta Alvin Faiz Audit Dana Az Zikra':

[Gambas:Video 20detik]



(pus/mau)