7 Fakta Perkembangan Kondisi Tukul Arwana Setelah Pendarahan Otak

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 27 Sep 2021 14:02 WIB
Tukul Arwana saat tampil di acara Hitam Putih.
7 update perkembangan kondisi Tukul Arwana Foto: Pool/Ismail/detikFoto
Jakarta -

Tukul Arwana yang alami pendarahan otak dan menjalani operasi sudah menunjukkan progres positif. Kondisinya disebut membaik.

Pria yang berprofesi sebagai presenter dan komedian itu menjalani operasi setelah mengalami pendarahan otak pada 22 September 2021 di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur. Berikut 7 fakta perkembangan kondisi Tukul Arwana setelah 5 hari dioperasi:

1. Belum 100 Persen Sadar

Anak Tukul Arwana, AKP Ega Prayudi mengatakan Tukul Arwana sudah sadar sejak 23 September 2021. Meski begitu Tukul belum sadar 100 persen.

"Alhamdulillah perkembangannya dari mulai pascaoperasi kemarin sudah mulai stabil. Walaupun masih belum 100 persen sadar," kata Ega pada Sabtu, 25 September 2021.

"Tapi sudah menunjukkan progresnya positif, sudah mulai respons, sudah mulai menggerakkan tangan, kaki. Saat ini mungkin butuh istirahat intensif, keterangan dokter seperti itu," jelasnya.

2. Tak Lagi Pakai Ventilator

Tukul Arwana sudah tak lagi menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilator.

"Ventilator di mulut sudah lepas. Bahkan beliau setelah operasi, paginya, sudah copot ventilator. Secara mekanisme dokter sudah membaik karena dia tidak memerlukan alat napas bantuan," kata manajer Tukul Arwana, Rizky Kimon.

Saat ini untuk makan dan minum, Tukul Arwana dibantu menggunakan infus.

"Sekarang kan pakai infus jadi belum ada makanan yang masuk, nutrisinya juga dari infus," jelasnya.

3. Cara Berkomunikasi

Tukul Arwana sudah bisa memberikan respons. Akan tetapi, respons yang diberikan oleh Tukul Arwana masih sangat terbatas.

"Namanya orang pascaoperasi pasti komunikasinya hanya bertatap mata. Gitu. Selebihnya ada gerakan sedikit," jelas manajer Tukul Arwana, Rizky Kimon.

"Belum bisa diajak ngobrol, hanya kontak mata, tubuh saja yang bisa bergerak," sambungnya.

Di halaman selanjutnya, alasan Tukul Arwana tak bisa dijenguk dan berapa lama sang komedian bisa pulih.



Simak Video "Manajer Sebut Tukul Arwana Dilarikan ke Rumah Sakit dalam Kondisi Sadar"
[Gambas:Video 20detik]