Anak Nia Daniaty Diduga Tipu Guru SMA Sendiri

Hanif Hawari - detikHot
Minggu, 26 Sep 2021 09:47 WIB
Jakarta -

Salah satu korban dugaan penipuan anak Nia Daniaty, Olivia Nathania adalah guru SMA-nya. Ia bernama Agustin.

Olivia Nathania atau Olly mencoba mengiming-imingi Agustin untuk mengikuti CPNS. Agustin pun tertarik untuk mendaftarkan anaknya yang baru saja lulus sekolah di tahun 2018.

Tahun 2019, Agustin pun tertarik dengan rayuan putri Nia Daniaty itu. Bukan tanpa alasan, Olivia menjanjikan seseorang bisa menjadi PNS tanpa melalui tes. Namun, Agustin harus membayar sebesar Rp 30 juta per orang.

Dua tahun berlalu, Agustin mulai curiga dengan Olivia. Hingga akhirnya kebohongan putri Nia Daniaty itu dikatakan olehnya terbongkar.

"Oleh karena itu saya dari akhir Juni, Juli, Agustus, berupaya meminta baik-baik ke Oliv. Sudah kita lalui semua, tapi janji terus tapi tidak pernah terwujud. Akhirnya kami mendatangi rumah orang tuanya, mau gimanapun dia punya keluarga dan kebetulan saya juga kenal orang tuanya," ujar Agustin saat konferensi pers di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, sabtu (25/9/2021).

Namun, Agustin tidak juga menemukan jalan keluar. Nia Daniaty diduga tidak bisa membantu masalah yang mengaitkan putrinya, Olivia Nathania.

"'Tu Titin maaf, Oliv itu sudah menikah, sudah bukan tanggung jawab saya ini.' Itu jawaban dari Ibu Nia. Iya saya sampaikan 'Iya bu saya tidak meminta pertanggung jawaban ibu, saya hanya minta ibu menjembatani kami karena kami telah menguhubungi Oliv tidak bisa, akhirnya saya minta ibu menjembatani kami untuk menyelesaikan duduk bareng,'" kata Agustin ketika mengulang kembali pembicaraannya dengan Nia Daniaty.

Agustin akhirnya terpaksa melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Bersama dengan 224 orang lainnya yang menjadi korban, Agustin melaporkan Olivia Nathania ke polisi dengan pasal penipuan. Laporan korban teregister dengan nomor polisi: LP/B/4728/IX/SPKT/POLDA METRO JAYA, Tanggal: 23 September 2021.

"Harapan saya tentunya karena memang desakan keluarga dan sebagainya, tolong uang ini dengan jerih payah keringat dan sebagainya bahkan ada yang nabung juga segala macam, tolong diselesaikan untuk segera dikembalikan uang tersebut, karena amat rugi sekali buat keluarga saya," tutur Agustin.

"Saya selalu berdoa semoga Olivia selalu diberikan hidayah oleh Allah supaya bertanggung jawab," lanjut Agustin menangis.

(hnh/pus)