Chef Haryo Cerita Momen Terkena Serangan Jantung: Tangan-Kaki Seperti Lepas

Hanif Hawari - detikHot
Sabtu, 25 Sep 2021 17:31 WIB
Chef Haryo
Chef Haryo Cerita Momen Terkena Serangan Jantung: Tangan-Kaki Seperti Lepas (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Lama tak terdengar, Chef Haryo muncul dengan kabar tak mengenakkan. Juru masak yang kini berpenampilan syar'i tersebut tengah berjuang menghadapi penyakit jantung yang diidapnya.

Menurut Chef Haryo, penyakit itu terungkap ketika dirinya sedang berolahraga. Tepatnya pada 2019, Chef Haryo mengalami hal yang tak akan terlupakan.

"Jadi kejadiaanya dua tahun itu lalu meledak, dor! Rasanya seperti balon kempis gitu. Jadi kehilangan kompresi dan tenaga, rasanya tangan sama kaki lepas gitu dari badan," ujar Chef Haryo saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/9/2021).

"Tapi puncaknya saya di Surabaya jatuh tidak kuat, nah ternyata, keluarga saya pas di RS Premiere mengabarkan bahwa menderita disease heart cronic stand for type A, yaitu kerusakan pembuluh darah aorta," sambungnya lagi.

Kata Chef Haryo, penyakit tersebut berarti adanya pembuluh darah besar aorta yang pecah di dalam tubuhnya. Kondisi tersebut dapat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

"Nah pembuluh yang di dalam ini saya pecah. Ditakutkan kan tekanannya sangat tinggi, yang dikhawatirkan kalau tidak ditangani segera itu akan sudden death (kematian mendadak)," ucap Chef Haryo.

Mengetahui kenyataan tersebut, Chef Haryo segera mencari bantuan ke tenaga medis maupun alternatif. Tak lupa, ia juga meminta bantuan Sang Pencipta untuk mengambil keputusan.

Chef Haryo merasa perlu berpikir panjang dalam mengambil keputusan karena ini adalah hal besar. Ia pun merasa harus menyiapkan mental untuk menghadapi operasi yang akan dilaksanakan mendatang.

"Nah saya ikhtiarnya itu setahun dengan salat istikarah lah, melakukan kemantapan hati, ke mana ya Allah kalau aku harus operasi, kuat kan lah hati ku mantapkan hati ku untuk memilih kecondongan mana yang harus pilih dan siap kementalan saya," tutup Chef Haryo.

(hnh/dar)