Kaisar Kumis Si YouTuber Pemersatu Bangsa yang Siap Jajal Bisnis

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 20 Sep 2021 19:34 WIB
kaisar kumis
Kaisar Kumis Si YouTuber Pemersatu Bangsa yang Siap Jajal Bisnis. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Kaisar Kumis jadi salah satu YouTuber yang dibilang sebagai pemersatu bangsa. Sebab konten-kontennya yang bareng model seksi kerap menyita perhatian netizen.

Bernama asli Rakha Maulana Muhtadi, ia merupakan pria kelahiran Balikpapan, 9 September 1993. Kepada detikcom, ia cerita soal awal mula terjun ke YouTube dan menarik beberapa investor.

"Awal mulanya saya menjadi host di salah satu live streaming sehingga mendapatkan investor untuk membangun channel YouTube. YouTube pertama yang berhasil dikembangin adalah channel Susumu Project sampai 600 ribu pengikut, lalu karena adanya masalah internal Kumis pun keluar," ujar Kumis saat dihubungi.

"Terus Kumis bangun channel Midollovita hingga 700 ribu lalu kembali terjadi perbedaan pendapat. Akhirnya Kumis membangun channel sendiri dan membangun tim sendiri," lanjutnya.

Kaisar Kumis mengaku dulu pendapatannya hanya Rp 200 ribu sebulan. Tapi kini semua sudah berbeda usai dirinya dibilang pemersatu bangsa.

"Rasanya ada kebanggaan tersendiri, tetapi tujuan Kumis bukan terkenal, tapi menjadi enterpreneur sukses. Terkenal itu bonus saja sih," tutur Kumis.

Kaisar Kumis mengatakan seiring berjalannya waktu dirinya ingin melepas imej yang terkesan nakal karena tentangan orang tua. Namun hal itu sepertinya sulit dibuang, karena rupanya imej tersebut bisa membawa keberkahan lain dan dimaklumi oleh ayah serta ibunya.

"Sebenarnya nggak setuju tetapi ketika saya berhasil berdagang Kopi SLB, akhirnya orang tua saya diam saja. Alhamdulillah sudah bisa membeli rumah dan mobil sekarang," kata Kumis.

Kini Kaisar Kumis siap mengepakkan sayapnya ke jalur bisnis. Berniat ingin membanggakan orang tua, ia membeli sebuah properti di Bali.

"Karena aku melihat Bali akan kembali pariwisatanya dan makanya Kumis ingin ikut serta belajar berkarya sambil berbisnis di sini," ujar Kumis.

"Ini buat ngebahagiain orang tua dan orang-orang di sekeliling. Karena Kumis mau jadi contoh yang positif nantinya. Karena dulu Kumis gagal jadi dokter dan beberapa kali di DO di berbagai universitas ternama. Sekarang waktunya Kumis unjuk gigi di jalur bisnis," sambung pemilik 80 ribu pengikut di Instagram tersebut.

Kaisar Kumis mengaku sangat tak sabar untuk menjalani bisnisnya. Namun sayang, ia enggan membeberkan dana yang telah dihabiskan untuk membangun hal tersebut.

"Masih kecil-kecilan kok. Sudah nggak sabar sih, karena bakal seru, karena Kumis suka banget sama seni, jadi pengin berbisnis yang berhubungan dengan seni," pungkasnya.

(mau/aay)