Istri Siri Termakan Janji Manis

Hey Ladies! Jangan Terbuai Janji Manis Pria sampai Mau Dinikahi Siri

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 18 Sep 2021 13:55 WIB
Ilustrasi pernikahan.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kasus pernikahan siri belakangan banyak menyedot perhatian. Beberapa di antaranya mereka menuntut dari sang pria. Ada yang ternyata mengaku terbuai atau termakan janji manis dari sang pria.

Menurut psikolog, Cassandra, pernikahan siri banyak memberikan dampak yang tidak mengenakkan bagi kaum perempuan. Salah satunya adalah tidak mendapatkan perlindungan negara.

"Menikah siri merugikan bagi perempuan dan anak. Karena, tidak mendapatkan perlindungan negara, mudah diceraikan dan tidak mendapatkan pengakuan dan hak," ungkapnya kepada detikcom, Sabtu (18/9/2021).

Bahkan bisa berdampak pada psikologis dan sosiologis bagi mereka. Lantas bagaimana sih agar tidak terbuai atau termakan janji manis pria?

"Keluarga harus menanamkan pengetahuan, keterampilan dan kekuatan kepada anak perempuan agar tumbuh menjadi perempuan yang tangguh, mampu memahami haknya, dan tidak mudah termakan bujuk rayu dan manipulasi janji manis atau rekayasa cinta," bebernya lagi.

Tidak hanya itu, menurut Cassandra juga perlu pendidikan masyarakat yang kuat dalam masalah ini.

"Selain itu juga dibutuhkan pendidikan masyarakat yang kuat untuk menandingi kekuatan kelompok pendukung nikah siri di media. Baik media formal maupun media sosial," tuturnya lagi.

Sebelumnya, ada Marlina Octoria dan Amalia Fujiawati yang mengaku termakan janji manis pria sehingga keduanya mau menikah siri. Sampai akhirnya kini kasus mereka menjadi perbincangan.

Amalia Fujiawati muncul dengan meminta pengakuan asal usul anak dari Bambang Pamungkas. Kasus ini sendiri sudah berjalan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Sidang yang sudah berjalan beberapa kali sampai saat ini juga belum dihadiri Bambang Pamungkas. Hanya kuasa hukumnya yang hadir dalam setiap persidangan.

Bambang Pamungkas sendiri menyangkal adanya pernikahan antara dirinya dengan Amalia Fujiawati. Padahal Amalia Fujiawati sendiri sudah memiliki tes DNA jika anak yang dilahirkannya mirip dengan DNA Bambang Pamungkas.

Marlina Octoria juga mengaku termakan janji manis ayah Taqy Malik. Kali ini, Marlina Octoria mengadukan ayah Taqy Malik ke MUI dan mengenai tudingan penyimpangan seksual.



Simak Video "Gugatan Pengesahan Asal Usul Anak Bambang Pamungkas Ditolak Majelis Hakim"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/tia)