Tak Lulus SMP Demi Jadi Pedangdut, Zaskia Gotik Dibayar Rp 60 Ribu Sehari

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 15 Sep 2021 19:24 WIB
Zaskia Gotik saat ditemui usai tampil di Brownis.
Zaskia Gotik putus sekolah di bangku SMP demi jadi penyanyi Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Zaskia Gotik mengawali karier sebagai penyanyi dangdut kampung. Ternyata, pekerjaannya itu menjadi salah satu faktor dirinya putus sekolah.

Zaskia Gotik mengaku hanya lulusan sekolah dasar. Saat SMP dirinya terpaksa tidak meneruskan dan memilih jadi penyanyi dangdut.

"SD lulus, tega banget gue nggak lulus. Cuma yang nggak lulus itu SMP karena kelas 2 SMP mau naik kelas 3 itu nyanyi setiap hari," cerita Zaskia Gotik saat mengisi Pagi Pagi Ambyar di Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (15/9/2021).

Akan tetapi, Zaskia Gotik membantah menelantarkan sekolah demi menyanyi. Ada faktor lain yang membuat Zaskia Gotik memilih untuk tidak melanjutkan sekolah.

"Bukan lebih suka nyanyi. Jadi gini, aku kan nyanyi dari panggung ke panggung, acara hajatan, sunatan," tuturnya.

"Setelah itu aku ngerasa aku tuh selalu telat dan diomelin. Jadi aku punya keputusan, 'Ya sudah aku nyanyi aja deh Mak, ngebantuin Emak sama Abah kerja,'" cerita Zaskia Gotik menirukan percakapannya dengan kedua orang tuanya.

Mendengar keputusan Zaskia Gotik, kedua orang tuanya juga sempat mempertanyakan soal pendidikan. Akan tetapi, keputusan Zaskia Gotik sudah bulat untuk membantu orang tuanya mengumpulkan pundi-pundi.

Diketahui, Zaskia Gotik memang bukan berasal dari keluarga berada saat itu. Ayahnya saat itu adalah tukang ojek dan sang bunda benar-benar sebagai ibu rumah tangga.

"'Terus sekolah Eneng nanti gimana?' Nggak apa-apa nanti Eneng bisa nyusul sekolahnya yang penting Eneng bisa bantuin Emak sama Abah," lanjutnya.

Soal bayaran, di masa lalu, Zaskia Gotik hanya menerima bayaran tidak lebih dari Rp 150 ribu. Namun, untuk penghasilan tambahan, Zaskia Gotik bisa mendapatkan dari saweran.

"Dulu pertama nyanyi sehari semalam dibayar Rp 60 ribu, Rp 80 ribu. Paling gede itu Rp 120 ribu, paling gede. Lupa tahun berapa. Kita nyari tambahan lagi dari saweran. Kalau di panggung misalnya saweran dapat Rp 5 juta kita bagi rata sama pemain lainnya," cerita Zaskia Gotik.

Tapi, perjuangan Zaskia Gotik dulu tidak sia-sia. Kini, Zaskia Gotik menjadi salah satu pedangdut yang populer. Tentu saja bayarannya sudah sangat jauh berbeda ketika dirinya menjadi penyanyi dangdut kampung.



Simak Video "Jenguk Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting Beri Wejangan soal Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/tia)