Anak Emban Tugas Besar usai Elly Kasim Meninggal Dunia

Hanif Hawari - detikHot
Kamis, 26 Agu 2021 07:05 WIB
Elly Kasim
(Foto: dok. Instagram @ellykasimofficial) Seniman legendaris Minang, Elly Kasim, meninggal dunia pada Rabu (25/8/2021). Kini anak-anaknya merasa punya tanggung jawab besar.
Jakarta -

Seniman legendaris Minang, Elly Kasim, meninggal dunia pada Rabu (25/8/2021). Ia berpulang setelah berjuang melawan penyakit komplikasi gangguan pencernaan yang diidapnya.

Anak Elly Kasim, Risalina Mustika, tentu merasa terpukul dengan kepergian sang bunda. Bangga sudah pasti dirasakannya selama ini dan kini ia bertekad akan menjaga semua hal yang telah dibangun oleh sang bunda dengan jerih payah dan keringatnya.

"Kalau rasa bangga udah klise. Tapi lain hal di saya sebagai anak menjaga itu semua, orang labelnya (sebelum meninggal) adalah living legend. Itu yang harus saya jaga," tutur Risalina Mustika, anak pertama Elly Kasim di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat, ditemui usai pemakaman.

"Kita sebagai anak nggak bisa sembarangan. Ibu bapak yang harus dijaga namanya. Karena gimana pun juga itu berhubungan sama hubungan manis antara orang tua saya dan kawan-kawannya," sambungnya.

Elly Kasim diketahui sudah berkarier di industri musik sejak tahun 60-an. Ia begitu aktif melestarikan budaya Minang hingga ke kancah internasional.

Sampai di akhir hayatnya pun, Elly Kasim terus berdedikasi untuk menyebarkan kebudayaan Minang. Ia pun sampai tak menghiraukan penyakitnya.

"Emang aktif dia dari dulu, sakit apapun tidak dihiraukan. Mau apapun kondisi dia nggak mau peduli. Hanya yang dia tahu, sakit minum ini, lambung (sakit) ini minum. Kalau bisa dibilang ibu saya lebih prof dari prof karena dia tahu semua obat itu," kata Risalina Mustika.

Kini Elly Kasim sudah tidak merasakan sakit lagi. Tuhan seakan memanggilnya untuk beristirahat dengan tenang.

Pemakaman Elly KasimPemakaman Elly Kasim Foto: Hanif/detikcom

"Ini mungkin yang terbaik yang diberikan untuk mama. Karena memang sakit yang dia rasa, itu kelihatan lah. Karena masuk ICU bunyi bip bip monitor. Bagaimana cara dia bernafas. Saya melihat sekali dan sakit," ujar Risalina Mustika.

Risalina Mustika pun berjanji akan terus menjalin hubungan baik dengan teman-teman Elly Kasim. Menjalin silaturahmi adalah sebuah hal yang penting yang diajarkan Elly Kasim kepada anak-anaknya.

"Mewakili mama, saya akan terus menjaga silaturahmi ini. Insyaalah untuk teman mama yang saya kenal, (akan tetap) berhubungan bersilaturahmi. Karena memang itu yang diajarkan orang tua kita. Di mana pun kita inget orang," tukas Risalina Mustika.

(hnh/aay)