Kontribusi Elly Kasim untuk Sumatera Barat hingga Akhir Hayat

Hanif Hawari - detikHot
Rabu, 25 Agu 2021 21:04 WIB
Elly Kasim
(Foto: dok. Instagram @ellykasimofficial) Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Sumatera Barat, menyebut Elly Kasim adalah seniman yang sangat dihormati dan berdedikasi hingga akhir hayatnya.
Jakarta -

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, datang ke rumah duka Elly Kasim. Ia menyempatkan diri datang ke Jakarta untuk melayat dan memberi penghormatan terakhir buat penyanyi asal Minangkabau itu.

Pada kesempatan itu, Rabu (25/8/2021), Mahyeldi Ansharullah menyebut Elly Kasim adalah seniman yang sangat dikenal di Sumatera Barat. Lagu-lagunya tak termakan oleh zaman meskipun dirinya adalah penyanyi lawas.

"Bagi masyarakat Sumatera Barat, mulai pada yang tua sekarang ini atau pun yang kecil-kecil sangat kenal lah dengan beliau, kenapa? Karena memang dari sejarah perjalanan beliau, kemudian dari nasihat, masukan-masukan, pikiran beliau untuk Sumatera Barat," kata Mahyeldi Ansharullah saat ditemui di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Elly Kasim juga dikenal sebagai budayawan Minangkabau. Pemikiran-pemikirannya selama hidup banyak sekali memotivasi masyarakat di Sumatera Barat. Bahkan hingga jelang akhir hayatnya, sosok Elly Kasim selalu dihormati.

"Bagaimana menyemangati dan memotivasi kita semua. Untuk itu semua masyarakat Sumatera Barat pasti tahu tentang uni Kasim ini," tutur Mahyeldi Ansharullah.

"Mudah-mudahan kebaikan-kebaikan beliau itu akan menyemangati generasi muda yang akan datang, sehingga kebaikan-kebaikan beliau akan bisa kita tiru, kita teladani, dan kita contoh bagi generasi mudah hari ini, insyaAllah," lanjutnya.

Sebagai perwakilan dari Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menyampaikan rasa dukanya atas kepergian Elly Kasim. Semoga apa yang telah diberikan oleh Elly Kasim semasa hidup bisa menjadi bekalnya di kehidupannya yang baru.

"Tentu atas nama pemerintah Sumatera Barat dan masyarakat Sumatera Barat kami turut berbela sungkawa dan berduka atas kepergian uni Elly Kasim, mudah-mudahan kebaikan beliau akan jadi pahala dan kemudian kebaikan-kebaikan beliau kan kita tiru dan kita lanjuti untuk generasi muda saat ini," tutur Mahyeldi Ansharullah.

"Bagaimana dedikasi beliau, bagaimana motivasi beliau, bagaimana semangat beliau, yang beliau berikan kepada kita. Mudah-mudahan itu menjadi pahala yang akan memberikan kebaikan-kebaikan kepada beliau dan mudah-mudahan beliau dan kita semua diberikan tempat sebaik-baiknya," tukasnya.

(hnh/aay)