Ini Tantangan Terbesar Jadi Womanpreneur Tangguh bagi Luna Maya

Angga Laraspati - detikHot
Jumat, 20 Agu 2021 16:03 WIB
BNIxCXO
Foto: detikcom
Jakarta -

Karier seorang Luna Maya di industri entertainment memang tak perlu diragukan lagi. Dia juga memerankan tokoh ikonik film horor Indonesia yaitu Suzzanna di tahun 2018, yang jadi film terpopuler saat itu.

Tak hanya menggeluti karier di entertainment, artis cantik ini ternyata juga seorang womanpreneur dengan beberapa bisnis di sektor yang berbeda-beda, mulai dari properti, kuliner, hingga media. Ia pun membeberkan tantangan terbesarnya selama menjadi womanprenuer, kira-kira apa ya?

Menurut Luna Maya, tantangan terbesar yang ia hadapi ketika menjadi womenpreneur adalah dipandang sebelah mata. Luna mengatakan ada cibiran yang ditujukan kepadanya seperti artis harusnya hanya melakukan akting di depan kamera, dan tidak mengerti untuk menjadi seorang pebisnis.

"Iya, aku gak ngerti, makanya tapi aku mau belajar. Gapapa kamu sebut aku begini-begini, dianggap sebelah mata, tapi i want to prove myself. One day lo gak akan liat gue sebelah mata, itu sih ambisiusnya," ujar Luna Maya dalam acara Ngobrol Sore Semaunya yang tayang di Live Instagram Putri Tanjung.

Luna menuturkan hal tersebut memotivasi dirinya bahwa balas dendam yang paling manis adalah ketika seseorang berhasil. Tetapi bukan yang negatif, melainkan pandangan orang yang membuat siapapun harus membuktikan kalau bisa berhasil.

"Buktiin bukan buat mereka sih, tapi lebih kayak 'oh kalau aku berhasil, yang berhasil adalah aku'," imbuh Luna.

Perkataan-perkataan yang diberikan orang-orang itu, lanjut Luna, memang hanya masuk kuping kiri keluar kuping kanan, tetapi membekas di hatinya. Tetapi, itu menjadi api yang membara dan membuat Luna terus maju.

Menurutnya, untuk tetap tangguh adalah memberikan apapun yang orang-orang mencibirnya sesuatu hal yang sukses. Sedangkan apabila dirinya gagal, orang-orang yang mencibir akan semakin merasa diri mereka benar.

Kepada Putri, Luna juga bercerita banyak sekali benturan yang terjadi dalam hidupnya. Menurut Luna, benturan tersebut akan selalu ada sejak seseorang masih kecil hingga menjelang kematiannya.

"Banyak sih dari aku kecil juga banyak benturan, mulai dari pertemanan pasti akan ada benturan. Kita akan ketemu orang yang tidak kita sangka," kata Luna.

Luna memaparkan dari kecil sudah banyak benturan yang bisa terjadi seperti saat seseorang membuat geng, lalu dimusuhin, dibully, itu adalah contoh benturan ketika seseorang ada di masa kecilnya.

Berlanjut ketika seseorang ingin masuk kuliah, terkadang terbentur dengan keinginan orang tua. Saat kerja, ada benturan lagi, dan itu akan selalu ada.

"Tapi inget lagi, kita memang dilahirkan sama orang tua kita, kita berjasa kepada orang tua kita. Tapi kita juga harus menyenangkan dan membuat orang kita bangga dengan cara kita harus bahagia juga. Bahagia kita itu hanya kita yang bisa buat," ungkap Luna.

"Jadi kalau kita punya keinginan, just do it, lakuin. Benturan itu sampai nanti kita mati pasti akan ada. Sampai detik ini, saya masih punya benturan yang luar biasa," sambungnya.

Luna melanjutkan, lowest point, akan ditemukan pada fase-fase usia belasan, 20an, 30an, pasti akan ada fase seseorang mengalami titik terendahnya. Tapi, pada akhirnya itu hanya menjadi sebuah masalah yang harus dicari jalan keluar dan solusinya.

"Kalau benturannya dana, ya dipikirin aja banyak cara, bisa cari investor. Atau kalau kamu cuma punya ide, cari orang pitching ke orang yang bener-bener evasion your idea dan meyakini ide kita it could work," jelasnya.

Dapat dilihat salah satu kunci keberhasilan Luna Maya untuk menjadi seorang womanpreneur sukses adalah dengan menjadi tangguh dan adaptif terhadap tantangan dan benturan yang dialami.

Hal ini sejalan dengan campaign yang sedang dilaksanakan oleh BNI untuk menyambut HUT RI ke 76 kali ini, yaitu menjadi Generasi Tangguh Indonesia.

Masih banyak lagi perbincangan yang dilakukan oleh Putri Tanjung dan Luna Maya pada acara Ngobrol Sore Semaunya (NSS).Obrolan itu bisa ditonton lagi di kanal YouTube detikcom dan 20detik.

Sebagai informasi, NSS Live Instagram kali ini berkolaborasi dengan BNI dan disiarkan melalui Instagram @putri_tanjung secara live setiap minggunya serta bisa ditonton ulang di kanal YouTube detikcom dan 20detik.

Di setiap episodenya, BNI akan mendonasikan Rp 25 juta kepada pihak/komunitas yang terpilih oleh para narasumber untuk membantu penanganan COVID-19 di Tanah Air.

(mul/ega)