Keluarga Mendiang Ustaz Arifin Ilham Bicara Isu Perselisihan Antar Istri

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 20 Agu 2021 15:26 WIB
Ustaz Arifin Ilham dan tiga istri
Keluarga mendiang Ustaz Arifin Ilham juga bicara soal isu perselisihan antar istri Foto: Facebook Arifin Ilham
Jakarta -

Permasalahan yang menyerang keluarga mendiang Ustaz Arifin Ilham jadi melebar. Bahkan hubungan antar istri almarhum juga disorot.

Dugaan bermula ketika Umi Rania, istri kedua Ustaz Arifin Ilham mengunggah ketika dirinya berada di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Ternyata Umi Rania menghadiri sidang gugatan yayasan Az Zikra soal merek madu yang menjadi bisnis keluarga Ustaz Arifin Ilham.

Diketahui hubungan Umi Rania dengan Larissa Chou belakangan terlihat akrab. Sedangkan hubungan ibunda Alvin Faiz, Yuni Djamaluddin Waly, dengan Larissa Chou sempat tidak baik.

Oleh karena itu memunculkan prasangka adanya ketidakharmonisan antara istri-istri mendiang Ustaz Arifin Ilham. Dugaan itu sudah dijawab oleh kakak dari Umi Rania, Nazmi Bawazier.

Dia membantah adanya hubungan yang tak baik antar istri dari mendiang Ustaz Arifin Ilham. Namun, kalaupun ada konflik hal itu tidak akan sampai ke publik.

"Sekalipun ada menurut saya itu nggak baik lah dipasang di publik. Nggak bagus. Tidak ada positifnya, baik-baik saja," tegas Nazmi Bawazier.

Dari keluarga mendiang Ustaz Arifin Ilham, sang adik, Kokom, mengatakan yang dia ketahui hubungan antaristri mendiang almarhum Ustaz Arifin Ilham baik-baik saja.

"Alhamdulillah baik-baik saja," kata Kokom kepada detikcom melalui pesan singkat, Jumat (20/8/2021).

Bahkan Kokom berharap ke depan hubungan para istri mendiang Ustaz Arifin Ilham semakin baik. Dia berharap tak ada yang berubah dari hubungan ketiga istri mendiang Ustaz Arifin Ilham.

"Alhamdulillah semua baik, tidak ada yang berubah. Insyaallah kedepannya bisa lebih baik," harap adik mendiang Ustaz Arifin Ilham.

Setelah Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia, Alvin Faiz diharapkan menjadi penerus sang ayah. Dia juga menjadi wali untuk adik-adik dan juga 3 ibunya.

"Ya tentu, sekarang Alvin menjadi Abi sekaligus wali bagi 3 ibu dan 9 adek Alvin. Umi @yuni_syahla_aceh 4 anak (termasuk saya). Umi @Umi_rania_bwz 3 anak. Umi @umi_shofiya_dzikriya 3 anak," tulis Alvin Faiz dalam unggahan Instagram Story Alvin Faiz kala itu.

Saat bertemu langsung dengan detikcom di Az Zikra, Sentul, Jawa Barat, Alvin Faiz mengaku siap atau tidak harus bisa meneruskan sang ayah yang saat itu dirinya masih berusia 20 tahun.

"Sebenarnya kita kan ketika kepala keluarga wafat, terlebih Abi ini kan amanahnya, meninggalkan amanah yang sangat banyak ya, seperti ada majelis, pesantren, yayasan, mungkin yang Alvin lebih pikirin, akhir-akhir ini lebih bagaimana kita berjalan ke depan dan mengemban amanah," ungkap Alvin ditemui detikcom di kediamannya di kawasan Az-Zikra, Sentul, Bogor kala itu.

Menyoal siap atau tidak siapnya, Alvin hanya memohon doa. Alvin adalah anak pertama dari ustaz Arifin Ilham dengan Yuni Djamaluddin. Menjadi anak tertua, Alvin digadang bakal menjadi penerus dakwah sang ayah.

"Kalau misalkan dibilang udah siap atau belum, itu kan amanah yang sangat besar ya. Jadi ada pilihan lain nggak sih jawabannya? Doain aja lah insyaallah. Alvin sih lebih ngerasa kalau dibilang siap ya semoga," ungkapn Alvin Faiz.



Simak Video "Sidang Cerai Perdana Alvin Faiz dan Larissa Chou Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)