Alvin Faiz Diharapkan Bisa Teruskan Jalur Dakwah Ustaz Arifin Ilham

Desi Puspasari - detikHot
Kamis, 19 Agu 2021 14:26 WIB
Sumber Penghasilan Alvin Faiz
Alvin Faiz awalnya diharapkan bisa meneruskan dakwah Ustaz Arifin Ilham Foto: Instagram
Jakarta -

Mundurnya Alvin Faiz dari Az Zikra di tengah isu penyelewengan dana sangat disayangkan. Termasuk Steven Indra Wibowo, pendiri Mualaf Center Indonesia dan sahabat almarhum Ustaz Arifin Ilham.

Pria yang akrab disapa Koh Steven mendorong Alvin Faiz untuk mengaudit keuangan Az Zikra demi menghilangkan fitnah. Audit dirasa Koh Steven menjadi pilihan terbaik untuk menjawab fitnah yang beredar.

Alvin Faiz adalah orang yang diharapkan bisa menjadi penerus sang ayah mengelola yayasan.

"Yayasan bukan monarki, nggak ada dari bapak ke anak. Lebih kepada dia (Alvin Faiz) yang diharapkan untuk bisa paling nggak meneruskan. Saat ini dilihat belum tepat, belum masuk untuk bisa meneruskan. Tapi, nggak apa-apa belajar aja dulu," kata Koh Steven dalam sambungan telepon kepada detikcom.

"Selama dua tahun banyak pembicaraan di luar sana, pengalihan asetlah," sambungnya.

Alvin Faiz diterpa isu terlibat dalam penyelewengan dana umat Az Zikra. Selain itu disebut ada tindakan membalikan nama atas aset-aset yang disumbangkan untuk Az Zikra.

Menyoal itu, Koh Steven mengingat semasa Ustaz Arifin Ilham masih mengelola yayasan, banyak jemaah yang menyumbang dengan mengirim ke rekenin Ustaz Arifin Ilham. Hal itu juga yang harus jadi perhatian

"Banyak juga orang transaksi ke rekening Abang (Ustaz Arifin Ilham) nggak ke (rekening) yayasan. Banyak orang kasih aset langsung ke tangan Abang sama Abang mungkin belum diubah segala macam. Makanya ini auditnya bukan sekadar audit keuangan. Tapi, audit secara syariah," pesan Koh Steven.

Anak-anak mendiang Ustaz Arifin Ilham dan keluarga seharusnya tahu soal hal ini dan tidak bisa langsung dianggap sebagai warisan.

"Dilacak dari mana asal muasalnya. Kamu harus tahu dulu, kamu belajar supaya ngerti. Semua aset Bang Arifin kamu yakin semua buat Bang Arifin? Kamu nggak mau tanya dulu buat Az Zikra atau buat Bang Arifin? Banyak hal-hal itu yang harus diingetin," ucapnya.

Saat ini juga diketahui salah satu rumah peninggalan almarhum Ustaz Arifin Ilham dijual. Rumah tersebut berada di kawasan Depok, Jawa Barat.

Akan tetapi, sampai saat ini belum ada klarifikasi dari pihak Alvin Faiz maupun keluarga soal penjualan aset tersebut.



Simak Video "Alasan Alvin Faiz Tak Muncul ke Publik Usai Diterpa Kabar Miring"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)