ADVERTISEMENT

Round Up

Alvin Faiz Bercerai, Nikah Lagi, Taubat, hingga Mundur dari Az Zikra

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 19 Agu 2021 05:30 WIB
Sumber Penghasilan Alvin Faiz
(Foto: Instagram) Belum lama ini Alvin Faiz kembali dengan kabar bahagia usai menikah lagi namun kabar ini diikuti sederet berita kurang menyenangkan.
Jakarta -

Selama beberapa bulan terakhir Alvin Faiz kerap muncul dengan berbagai kabar. Mulai dari keretakan rumah tangganya dengan Larissa Chou yang berujung perceraian. Belum lama ini Alvin Faiz kembali dengan kabar bahagia usai menikah lagi namun kabar ini diikuti sederet berita kurang menyenangkan.

Alvin Faiz mengundurkan diri dari kepengurusan Yayasan Az Zikra. Dalam sebuah unggahan dia mengakui bahwa dirinya merupakan sosok yang belum sepenuhnya layak buat jadi penerus almarhum Ustaz Arifin Ilham, sang ayah. Dia lalu meminta maaf kepada banyak pihak lantaran belakangan berita kehidupan pribadinya selalu jadi sorotan.

"Alvin sadar belum bisa mencontohkan yang hal yang baik, masih perlu banyak belajar, dan masih butuh bimbingan," ungkapnya.

Alvin Faiz kini tidak lagi menjabat Ketua Dewan Pembina Yayasan Az Zikra. Bersamaan dengan pengunduran diri Alvin Faiz, muncul isu soal audit keuangan Az Zikra. Seorang netizen membawa permasalahan ini ke Steven Indra Wibowo, pendiri Mualaf Center Indonesia, sosok yang erat kaitannya dengan Ustaz Arifin Ilham.

Pria yang akrab disapa Kokoh Steven itu mengunggah DM dari netizen ke Instagram pribadinya. Dalam DM tersebur netizen yang bersangkutan meminta agar dilakukan audit terhadap keuangan dan pembangunan masjid Az Zikra di Gunung Sindur serta pesantren Az Zikra.

Netizen tersebut menyebut bahwa telah terjadi penggelapan uang umat miliaran. Hal ini pun kemudian ditanggapi oleh Kokoh Steven dengan menggarisbawahi bahwa dirinya tidak mengurusi kehidupan pribadi dari Alvin Faiz, melainkan hanya kepentingan yayasan.

"Disini kami jelaskan, kami ini gak ngurusin urusan pribadi Alvin, pernikahan, perceraian, dan hobi dia lainnya, kami cukup banyak kerjaan, bukan kurang kerjaan juga ngurus urusan pribadi orang, kepentingan kami adalah hanya izzah dan marwah Islam," tulisnya.

[Gambas:Instagram]


Keputusan Kokoh Steven untuk bersuara soal Az Zikra terbilang beralasan. Lantaran dia sendiri terlibat dalam pembangunan Az Zikra yang sebelumnya bernama Khadafi Center dengan dana pembangunan dari Libya. Khadafi Center kemudian berubah nama jadi Az Zikra di tahun 2012.

Selain itu, Ustaz Arifin Ilham juga memberikan sebuah amanat kepadanya untuk mengawasi Az Zikra dari jauh. Bahkan semasa hidupnya, Arifin Ilham kerap memberikan kabar soal Az Zikra langsung kepada Kokoh Steven. Kokoh Steven memberi batasan jelas antara urusan Az Zikra dengan kehidupan pribadi Alvin Faiz yang mana kini tengah jadi sorotan.

"Ini akhirnya pada satu titik ada beberapa hal yang diceritakan tapi bukan untuk konsumsi publik. Umumnya adalah jaga marwah Islam, dampingi mualaf. Saya tanya, 'Kok Antum kasih tausiah?' Tausiah itu kan wasiat. 'Ini jaga-jaga saja' (jawab Ustaz Arifin Ilham). Salah satu yang diucap beliau, 'Tetap awasin Az Zikra dari jauh. Jika ada yang salah tegur orang-orangnya, buat koreksi sebisa yang kamu lakukan,'" kenangnya.

Sumber Penghasilan Alvin FaizAlvin Faiz Foto: Instagram

"Saya bilang, saya nggak urus, urusan pribadi. Ini urusan Az Zikra. Benerin fitnahnya sudah terlalu tajam. Ini ada penyalahgunaan dana dan segala macam ya diberesin saja. Bukan kamu (Alvin Faiz) bikin deklarasi. Kalau saya bilang, itu deklarasi dia membenarkan sikap dia tanpa bukti. Hanya mengatakan, 'Saya difitnah.' Tapi, nggak ada bukti yang dipublikasi," tegas Kokoh Steven.

Di sisi lain beredar pula sebuah video yang menampilkan pertaubatan Alvin Faiz di depan para ulama. Di sana terdengar Alvin mengatakan bahwa dirinya meimnta bimbingan.

Video yang sama juga menampilkan pengunduran diri Alvin Faiz dari Az Zikra.

"Alvin baru paham bahwa nikmatnya bertaubat seperti apa. Bahwa kita dikasih kesempatan untuk bertaubat. Alvin mohon bimbingannya dari Ustaz Syukur, Ustaz Feri Nur, semua majelis Azzikra, dari mamah juga, Alvin sangat minta maaf, tidak bisa memberikan contoh yang baik. Sekali lagi Alvin sangat menyesal, mohon bimbingannya, Ustaz," ungkap Alvin Faiz di depan para ulama.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT