Ini yang Bikin Koh Steven Bersuara soal Az Zikra

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 18 Agu 2021 18:29 WIB
Masjid Az Zikra di Sentul, Bogor
Alsan Koh Steven bicara soal isu penyelewengan dana Az Zikra yang juga seret Alvin Faiz Foto: (azzikramediaofficial/Instagram)
Jakarta -

Steven Indra Wibowo, ikut berkomentar soal kisruh penyalahgunaan dana Az Zikra yang juga menyeret nama Alvin Faiz. Pendiri Mualaf Center Indonesia itu, tidak asal ikut campur dan ada kaitannya dengan mendiang almarhum Ustaz Arifin Ilham.

Ketika heboh Alvin Faiz menikah lagi, komentar Steven Indra Wibowo jadi sorotan dalam kolom komentar unggahan fotografer pernikahan Alvin Faiz dan Henny Rahman. Pria yang akrab disapa Koh Steven itu menuliskan adanya hal 2 tahun belakangan yang terjadi dan akan membuat semua orang terkaget-kaget.

Dihubungi detikcom, Rabu (18/8/2021) Koh Steven menceritakan awal mula kenal dengan mendiang Ustaz Arifin Ilham. Dia juga mengulas perihal awalnya di Sentul, Bogor, Az Zikra semula bernama Khadafi Center, dengan dana pembangunan dari Libya.

Akhirnya, pada 2012 Khadafi Center berubah nama menjadi Az Zikra.

"Seiring berjalannya waktu saya bersahabat baik dengan ustaz Arifin. Kita lebih sering diskusi agama, hadis, Al Quran, tafsir, tentang keumatan, mualaf, segala macam," cerita Koh Steven.

"Terakhir, beliau itu 2019 mulai sakit, agak parah 2018-2019 karena 2017 saya ketemu masih sehat banget. 2019 mulai lebih parah akhirnya aku ke Penang dipanggil beliau," lanjutnya.

Bertemu di Penang, Malaysia, Koh Steven mendapat banyak cerita dari mendiang Ustaz Arifin Ilham. Di sela-sela obrolan Ustaz Arifin Ilham memberikan wasiat berupa amanah.

"Ini akhirnya pada satu titik ada beberapa hal yang diceritakan tapi bukan untuk konsumsi publik. Umumnya adalah jaga marwah Islam, dampingi mualaf. Saya tanya, 'Kok Antum kasih tausiah?' Tausiah itu kan wasiat. 'Ini jaga-jaga saja' (jawab Ustaz Arifin Ilham). Salah satu yang diucap beliau, 'Tetap awasin Az Zikra dari jauh. Jika ada yang salah tegur orang-orangnya, buat koreksi sebisa yang kamu lakukan,'" kenangnya.

Saat mendiang Ustaz Arifin Ilham masih hidup, Kok Steven terbiasa langsung memberikan kabar kepada yang bersangkutan. Ketika saat ini dia ikut bicara soal penyalahgunaan dana Az Zikra, Koh Steven membantah juga ingin mengurus masalah pribadi Alvin Faiz.

Meski Koh Steven banyak mendapatkan direct message dari jamaah Az Zikra soal perilaku Alvin Faiz. Hal itu ditegaskan menjadi urusan pribadi Alvin Faiz.

"Aku nggak bisa buka juga, banyakan aib. Ini aib saya akan tutupi, sebagaimana Allah menutupi aib kita. Tapi, kalau sudah izzah dan marwah Islam lain cerita. Kita sebagai umat muslim akan terkena dampaknya," beber Koh Steven.

"Saya bilang, saya nggak urus, urusan pribadi. Ini urusan Az Zikra. Benerin fitnahnya sudah terlalu tajam. Ini ada penyalahgunaan dana dan segala macam ya diberesin saja. Bukan kamu (Alvin Faiz) bikin deklarasi. Kalau saya bilang, itu deklarasi dia membenarkan sikap dia tanpa bukti. Hanya mengatakan, 'Saya difitnah.' Tapi, nggak ada bukti yang dipublikasi," tegasnya.



Simak Video "Alasan Alvin Faiz Tak Muncul ke Publik Usai Diterpa Kabar Miring"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)