Pendiri Mualaf Center Dorong Audit Dana Az Zikra

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 18 Agu 2021 14:52 WIB
Alvin Faiz, putra Arifin Ilham saat ditemui di kediamannya di kawasan Sentul.
Alvin Faiz kenapa disuruh audit malah mundur dari yayasan Az Zikra? Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Steven Indra Wibowo, Pendiri Mualaf Center Indonesia, menyinggung soal tuduhan penyalahgunaan dana Az Zikra. Namun, kini Alvin Faiz memilih mundur dari kepengurusan yayasan Az Zikra.

Pria yang akrab disapa Kokoh Steven itu sempat membuat unggahan soal penyalahgunaan dana Az Zikra. Dia juga sudah memberikan nasihat langsung kepada Alvin Faiz.

"Saya bilang, saya nggak urus, urusan pribadi, ini urusan Az Zikra benerin, fitnahnya sudah terlalu tajam. Ini ada penyalahgunaan dana dan segala macam ya diberesin aja. Bukan kamu bikin deklarasi. Kalau saya bilang itu deklarasi dia membenarkan sikap dia tanpa bukti, 'Saya difitnah.' Tapi, nggak ada bukti yang dipublikasi," kritik Kokoh Steven soal video klarifikasi Alvin Faiz soal tuduhan foya-foya memakai uang yayasan Az Zikra kepada detikcom, Rabu (18/8/2021).

Kini, Alvin Faiz justru memutuskan untuk mundur dari yayasan Az Zikra. Steven pun merasa itu bukan sesuatu keputusan yang tepat. Tentunya hal itu tidak akan membungkam fitnah soal penyalahgunaan dana umat Az Zikra.

"Sekarang gimana kok orangnya mundur. Saya minta diaudit itu supaya clear, tidak ada fitnah, nggak ada suudzon, semua orang bisa tahu jelas, yang nyumbang Az Zikra. Nanti itu akan dihisab dihadapan Allah. Ini kan urusan kemaslahatan umat," ucapnya.

"Diaudit saja, setelah diaudit dibuka, di-publish, setelah publik lihat, 'Oh iya tidak ada yang salah,' itu akan menjawab fitnah secara otomatis. Daripada harus bikin lagi, bikin lagi klarifikasi, publikasi, video-video," sambung Steven Indra Wibowo soal sikap Alvin Faiz.

Video klarifikasi yang dibuat Alvin faiz dinilai hanya akan menjadi sebuah pembenaran tanpa bukti. Dengan begitu, Steven menilai masih ada celah fitnah yang bisa dilontarkan orang dan merembet ke hal-hal lain termasuk menjelekkan almarhum Ustaz Arifin Ilham.

"Akhirnya video itu hanya bikin pembenaran saja. Lembaga audit ini publik akuntannya ini, publikasi, selesai. Siapapun yang fitnah akan selesai," tegasnya.

Steven Indra Wibowo juga sudah meminta langsung kepada Alvin Faiz untuk melakukan audit keuangan Az Zikra. Namun, putra sulung Ustaz Arifin Ilham itu justru memilih mundur.

"Kira-kira salah nggak (Alvin mundur)? Kalau aku lihat agak aneh ya. Kenapa harus seperti ini? Seharusnya ya semua orang biar tahu aja, clear, jelas tidak ada fitnah lagi yang beredar, masyarakat tahu duduk perkaranya dari sisi Alvin dan Az Zikra," pendapat Kokoh Steven soal keputusan Alvin Faiz mundur.

"Sudah (minta langsung ke Alvin untuk audit). Sudah audit saja malah bikin klarifikasi, audit aja yang jelas. tanpa kamu klarifikasi orang juga diam sendiri kok," sambungnya.

Tidak hanya dari Alvin Faiz, permintaan audit juga belum dijawab oleh pengurus yayasan Az Zikra lainnya.



Simak Video "Alasan Alvin Faiz Tak Muncul ke Publik Usai Diterpa Kabar Miring"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)