Kris Wu Resmi Ditahan atas Kasus Pemerkosaan Gadis di Bawah Umur

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 18 Agu 2021 11:05 WIB
Jakarta -

Kris Wu belum lama ini terlibat kasus pemerkosaan pada lebih dari 30 perempuan, termasuk di bawah umur. Kini, mantan idola K-Pop tersebut telah resmi ditahan di China.

Dikutip dari Global Times, hakim pengadilan distrik Chaoyang di Beijing menyebut Kris Wu sudah resmi ditangkap atas dugaan pemerkosaan. Hal tersebut disampaikan pada Senin (16/8).

"Idola pop China-Kanada Kris Wu Yi Fan telah ditahan atas dugaan pemerkosaan," tegasnya.

Namun hingga kini, masih belum ada pernyataan apa pun yang diberikan pihak Kris Wu terkait pemberitaan ini.

Sebelumnya, seorang perempuan bernama Du Meizhu mengaku menjadi korban pelecehan Kris Wu dan mengungkap sejumlah perempuan lain yang juga menjadi korban. Kala itu, kepolisian Beijing sudah menangkap Kris dan dimintai keterangan, namun sang idola membantah semua tuduhan.

Walaupun begitu, sejumlah brand yang bekerjasama dengan Kris Wu langsung memutus kontraknya. Bahkan akun media sosial Kris langsung dihapus secara resmi oleh Weibo, dan lagu-lagunya dihilangkan dari situs streaming China.

Saat investigasi soal kasus pemerkosaan di China berjalan, seorang perempuan lain yang berasal dari Los Angeles muncul dan mengaku sebagai korban. Perempuan berinisial A tersebut mengaku sebagai korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh Kris Wu di Amerika Serikat beberapa tahun lalu.

Secara detail, A mengaku dilecehkan bahkan sebelum usianya menginjak 18 tahun. Kala itu ia menghadiri fanmeeting Kris Wu di Los Angeles dan bertukar akun WeChat. Saat bertemu kedua kalinya, Kris Wu melakukan pelecehan seksual kepadanya.

Kris Wu debut pada 2012 sebagai salah satu anggota dari boyband EXO. Ia diberi tanggung jawab sebagai leader dari EXO-M, yang merupakan sub-unit EXO di China.

Namun pada 2014, Kris Wu memutuskan hengkang dari EXO dan SM Entertainment karena permasalahan kontrak. Setelahnya, ia lebih banyak berkarier di China.

(dal/wes)