5 Fakta Dugaan Penipuan David Kibordis NOAH

Tim Detikcom - detikHot
Sabtu, 07 Agu 2021 11:27 WIB
NOAH saat berada di atas kapal Penisi.
Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta -

Kibordis NOAH, David Kurnia Albert tersangkut kasus. Ia dilaporkan oleh seorang temannya bernama Lina Yunita karena dugaan penggelapan uang sebesar Rp 1,1 Milyar. Laporan tersebut telah dilayangkan ke Polda Metro Jaya sejak Kamis, 5 Agustus 2021.

Berikut lima fakta kasus dugaan penipuan yang menjerat David NOAH.

Karena Alasan Bisnis

Kasus dugaan penipuan itu bermula ketika David NOAH yang meminta bantuan finansial berupa dana talangan untuk usahanya. Saat itu Lina Yunita juga setuju karena merasa sudah dekat dengan David sebagai teman.

"Jadi bermula dari saudara David itu meminta dana talangan untuk usahanya katanya kepada klien saya. Lalu, klien saya karena pertemanan baik dan teryakinkan dengan dia sebagai direksi di perusahaannya itu, juga ada bukti foto-foto proyek, juga ada bukti kontrak ketiga, dan lainnya, akhirnya menyerahkan sejumlah uang, ditransfer," jelas Devi Waluyo selaku kuasa hukum Lina.

Jaminan Cek

Saat meminta pinjaman, David NOAH memberikan jaminan berupa cek. Hal itu pun membuat pelapor percaya untuk meminjamkan sejumlah uang.

"Total itu Rp 1,1 miliar. Lalu mereka dari pihaknya David dan kawan-kawan menyerahkan jaminan cek," kata Devi Waluyo.

Cek Kosong

Namun, hingga masa tenggat waktu yang disetujui selesai, David NOAH belum mengembalikan uang tersebut.

Selain itu, saat Lina Yunita hendak mencairkan uang pada cek yang diberikan David NOAH, ternyata rekening yang tercantum dalam cek sudah tutup.

"Ternyata setelah tenggat waktu yang telah ditentukan untuk dikembalikan, tidak bisa mengembalikan sesuai apa yang diperjanjikan, ternyata cek itu pada saat mencoba kemarin dicairkan, tidak bisa dicairkan karena sudah close. Rekeningnya close," ungkap Devi.

Berganti Domisili

Pihak Lina Yunita mengaku sudah melayangkan somasi kepada David NOAH yang bertempat tinggal di Bandung. Namun, rupanya David NOAH sudah pindah dari kediamannya itu sejak 2020.

"Tetapi, pada saat kita mengirimkan somasi ke rumahnya yang di Bandung, ternyata dari Oktober 2020 rumahnya itu sudah beralih. Saya tidak tahu apakah beralihnya di Oktober, tetapi yang jelas menurut keterangan pemilik rumahnya yang lama, dari Oktober 2020 David sudah tidak menempati di situ," urai Devi Waluyo.



Simak Video "David 'Noah' Akan Dipanggil Polisi 20 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)