Round Up

Kronologi David NOAH Terseret Dugaan Penipuan Rp 1,1 M

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 07 Agu 2021 05:30 WIB
DMASIV, Rossa, dan David NOAH
(Foto: Asep Syaifullah) Berikut ini kronologi dugaan penipuan dan penggelapan yang menyeret nama David NOAH.
Jakarta -

David NOAH diduga menipu seseorang bernama Lina Yunita yang merupakan teman dekatnya. Penipuan dengan total kerugian Rp 1,1 miliar itu disebut-sebut buat proyek bersama.

Karena ini David NOAH dilaporkan ke Polda Metro Jaya sejak Kamis, 5 Agustus 2021. Lina Yunita diwakili oleh kuasa hukumnya, Devi Waluyo, memberikan penjelasan soal kronologi dugaan penipuan dan penggelapan uang yang dilakukan oleh David NOAH.

Awalnya David NOAH meminta dana talangan buat usahanya kepada Lina Yunita. Karena hubungan pertemanan yang sudah dekat, Lina Yunita pun setuju memberikan bantuan dan menyerahkan uang kepada David NOAH.

Bantuan uang itu disebut David NOAH untuk sebuah perusahaan. Dirinya juga menyerahkan foto-foto proyek sebagai bukti, kontrak ketiga, dan juga statusnya sebagai direksi di perusahaan tersebut.

"Jadi bermula dari saudara David itu meminta dana talangan untuk usahanya katanya kepada klien saya. Lalu, klien saya karena pertemanan baik dan teryakinkan dengan dia sebagai direksi di perusahaannya itu, juga ada bukti foto-foto proyek, juga ada bukti kontrak ketiga, dan lainnya, akhirnya menyerahkan sejumlah uang, ditransfer," papar Devi Waluyo.

Lalu uang Rp 1,1 miliar diserahkan kepada David NOAH. Di saat yang sama, Lina Yunita diberikan cek sebagai jaminan apabila David NOAH belum mengembalikan uang yang dipinjamnya. Sayang cek itu adalah cek kosong.

Cek tersebut ketahuan kosong saat akan dicairkan. Rekening yang tercantum ternyata sudah ditutup.

"Total itu Rp 1,1 miliar. Lalu mereka dari pihaknya David dan kawan-kawan menyerahkan jaminan cek. Ternyata setelah tenggat waktu yang telah ditentukan untuk dikembalikan, tidak bisa mengembalikan sesuai apa yang diperjanjikan, ternyata cek itu pada saat mencoba kemarin dicairkan, tidak bisa dicairkan karena sudah close. Rekeningnya close," jelasnya.

Kini David NOAH sudah disomasi oleh Lina Yunita. Namun surat somasi yang dialamatkan ke rumah David pun rupanya tidak diterima oleh personel NOAH itu karena ternyata sudah pindah sejak 2020.

David NOAH juga disebut menghilang. Sehingga Lina Yunita pun melaporkannya ke Polda Metro Jaya. Ia dijerat dengan Pasal 372 dan 378 terkait penipuan dan penggelapan.

"Ya dengan dia tidak datang ke Ibu Lina, dia tidak merespons, dia hanya berjanji-janji, ya berarti ngilang saja begitu," tutur Devi Waluyo.

Pihak label yang menaungi David NOAH, Musica Studios, buka suara soal kasus ini.

"Kami dari sisi label saat ini posisinya masih baru terinfo mengenai hal ini. Untuk lebih jelasnya saat ini kami sedang berkoordinasi dengan David dan pihak-pihak terkait mengenai hal ini," tulis keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (6/8/2021).

Simak video ' David NOAH Sempat Janjikan Rumah untuk Bayar Utang Rp 1,1 Miliar ':

[Gambas:Video 20detik]



(aay/mau)