Respons Ustaz Abdul Somad dengar Bang Tigor Gonta-ganti Agama

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 05 Agu 2021 10:47 WIB
Ustaz Abdul Somad (Muhammad Ilman Nafian/detikcom)
Ustaz Abdul Somad beri ucapan menohok untuk Bang tigor yang suka gonta-ganti agamaFoto: Ustaz Abdul Somad (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Bang Tigor punya cerita sendiri soal perjalanan spiritualnya. Dia sempat bolak balik meninggalkan Islam.

Komedian dan juga pemain sinetron bertanya soal dirinya yang suka gonta-ganti agama kepada Ustaz Abdul Somad. Saat itu Ustaz Abdul Somad mengisi kajian dalam acara Persatuan Seniman Komedi Indonesia atau PASKI.

Bang Tigor menjadi salah satu jemaah yang mengajukan pertanyaan. Dirinya mengaku sebagai seorang muslim yang murtad, kemudian kembali lagi masuk Islam.

"Saya ini pernah Islam, pindah, balik lagi ke Islam lagi. Itu gimana Pak Ustaz?" tanya Bang Tigor dilansir dari channel YouTube Ustaz Abdul Somad.

Ustaz Abdul Somad tersenyum mendengar pengakuan Bang Tigor. Ustaz Abdul Somad pun memberikan jawaban dan mewanti-wanti agar Bang Tigor tak lagi pindah-pindah agama.

"Innalladzina amanu, beriman, summa kafaru, murtad, summa aamanu, kemudian beriman, summa kafaru, murtad, summazdadu kufran. Maka barulah tidak diterima. Jadi kalau Islam, setelah itu dia murtad, balik lagi ke Islam, maka dia diterima. Oleh sebab itu, mudah-mudahan Bang Tigor istikamah dalam iman dan Islam," jawab Ustaz Abdul Somad.

Mendengar pengakuan Bang Tigor dan jawaban Ustaz Abdul Somad ada salah satu jemaah yang juga komedian menyeletuk.

"Agama lo kayak angkot bolak-balik," celetuk salah seorang pria yang suaranya terdengar dan ditertawakan jamaah lainnya.

"Tapi, saya sudah tetap sekarang. Saya sudah umrah. Saya sudah ke jalan yang benar, insyaallah," timpal Bang Tigor.

Bang Tigor menceritakan dirinya dulu sangat sulit dalam proses mencari jati diri. Sampai akhirnya dia menemukan titik di mana dirinya memutuskan untuk ke jalan yang benar.

"Dulu saya ke sana kemari mencari jati diri susah. Ya ada titik waktu manusia akan setop. Ya ketemu dia saya setop, yaudah akhirnya jalannya sampai sekarang alhamdulillah," tuturnya.

Bang Tigor menyebut akhir pencarian jati dirinya kini sudah selesai. Di usia 52 tahun, Bang Tigor ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi terlebih dirinya sudah menikah dengan Aisyah Sa'diah, perempuan yang 24 tahun lebih muda darinya.

Hal itu sempat diceritakan Bang Tigor saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

"Ya itu jalan hidup sebenarnya. Akhirnya sampai sekarang ketemu dia, yaudah saya jalan di jalan yang benar. Dia berhasil meluruskan hidup saya yang sebenarnya, jujur saja. Saya sebenarnya bukan cerita agama begini, saya sudah bisa bangun jam 2, saya puasa Senin Kamis," cerita Bang Tigor.

Bang Tigor mengingat dirinya tak akan pernah tahu kapan Sang Pemilik Segalanya akan memanggilnya.

"Ya apalagi yang dicari buat saya lagi. Saya mikirnya, saya harus bawa apa ketika plek (dipanggil Tuhan). Awal mula ketemu masih bandel-bandel. Ya semakin ke sini menunjukkan perubahan. Itu namanya jalan hidup. Ya sekarang yang benar-benar dan lurus saja sudah jalannya," tutur Bang Tigor.



Simak Video "UAS Tepis Kena COVID-19, Tunjukkan Dirinya Sehat-Ngajar Mengaji"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)