Gary Iskak Sembuh dari Hepatitis C, Kenang Masa Saat Kritis

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Kamis, 05 Agu 2021 06:00 WIB
Gary Iskak dan Richa
(Foto: Instagram: @richaiskak) Kondisi Gary Iskak berangsur membaik dan tengah dalam proses pemulihan. Dia pun mengenang masa-masa kritis saat berada di rumah sakit.
Jakarta -

Gary Iskak sudah sembuh dari sakit Hepatitis C yang diidapnya. Kondisinya kala sakit sempat terpuruk. Kini dirinya mengaku kangen dengan aktivitas di dunia hiburan Tanah air.

"Kangen pasti ya, pengin (balik aktivitas lagi). Insyaallah (kondisi) sudah membaik," kata Gary Iskak dalam acara Live Kopi Viral Trans TV episode Rabu (4/8/2021).

Selama sakit, Gary Iskak mengaku sangat berserah diri pada Tuhan. Dia pun menjelaskan kondisinya sungguh tidak berdaya saat itu.

Dia pun merasa bahwa dirinya seperti sudah tidak lagi ada di dunia. Dalam kondisi tersebut Gary Iskak merasa seperti tidak sadarkan diri.

"Rasanya gimana ya... berserah diri aja. Susah, mau ngapa-ngapain susah. Ya udah, kaya udah nggak di sini (di alam sadar) aja. Akhirnya lama-lama, pelan-pelan (kesadaran) juga balik lagi," tambahnya.

Selama 8 hari Gary Iskak dirawat di rumah sakit ketika kondisinya cukup memprihatinkan. Setelah itu dia memilih untuk dirawat jalan di rumah.

"8 hari sih sebenarnya tetep harus dirawat (di RS), tapi memang sudah nggak apa-apa rawat jalan, akhirnya saya memilih untuk rawat jalan aja. Daripada di sini (RS) kan juga orang banyak yang sakit," ungkapnya.

Cukup sulit buat siapapun yang sedang dalam kondisi sakit untuk bisa berpikiran positif. Namun Gary Iskak menyebut bahwa itu adalah salah satu hal yang coba dilakukannya.

"Menyenangkan diri lah apapun itu, yang positif," pungkasnya.

Belum lama ini Gerry dinyatakan sembuh dari Hepatitis C. Namun saat ini dia sedang masa pemulihan.

"Ya masih pemulihan, tapi kabar bagusnya virus Hepatitis C sudah nggak ada. Jadi nggak terlalu berat kondisinya sekarang," kata Gary Iskak saat ditemui di kesempatan berbeda.

"Jadi yang harus diperbaiki livernya, fungsi hatinya," lanjutnya.

Sementara itu, Gary mengaku kesulitan mengatur pola makan. Selain itu, ia juga ada banyak pantangan makanan untuk pemulihan sakitnya.

"Pola makan doang yang agak susah, karena saya harus kembali seperti dahululah. Kayak anak kecil (ada makanan yang) nggak boleh," ungkapnya.

Meskipun demikian, Gary tak masalah meski banyak pantangan makanan. Sebab ia ingin tubuhnya sehat total.

"Cuman kan orang butuh proses ya dari langsung gitu, takutnya gimana-gimana tapi kita harus jalani proses," imbuhnya.

(fbr/aay)