Round-Up

Duka Selebritis Lepas Kepergian Rachmawati Soekarnoputri

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 03 Jul 2021 22:02 WIB
Rachmawati Tolak Dugaan Makar

Aktivis yang juga tersangka dugaan makar pada 2 Desember lalu, Rachmawati Sukarnoputri di dampingi pengacaranya Yusril Izha Mahendra melakukan jumpa pers di kediamannya, Jakarta, Rabu (07/12/2016). Rachmawati menolak dugaan makar yang disangkakan kepada dirinya oleh pihak Kepolisian terkait pada aksi damai 2 Desember 2016 lalu. Grandyos Zafna/detikcom
Duka Selebritis Lepas Kepergian Rachmawati Soekarnoputri (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia di umur 70 tahun setelah melawan COVID-19 dan dirawat di RSPAD, Jakarta.

"Wakil Ketua dewan Pembina Partai Gerindra Bu Rachmawati Soekarnoputri telah berpulang pada pukul 6.15 WIB," kata Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi, Sabtu (3/7/2021).

Atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri, ungkapan duka cita pun mengalir dari kalangan selebritis Tanah Air.

Salah satu artis yang begitu merasa kehilangan dari kepergian Rachmawati adalah Anjasmara. Ia adalah putra sambung dari Rachmawati.

Anjasmara datang ke RSPAD, terlihat Anjasmara menangis di samping ambulans yang membawa jenazah Rachmawati Soekarnoputri. Anjasmara berdiri dan berdoa, meski hanya bisa melihat peti jenazah Rachmawati Soekarnoputri di dalam ambulans.

"Saya kaget. Saya baru dengar tadi pagi sekitar jam setengah 8, saya dengar kabar beliau sudah berpulang. Saya terakhir itu komunikasi sekitar awal bulan Juni. Saya sempat ketemu sama beliau, terus ngobrol-ngobrol segala macam," cerita Anjasmara di RSPAD Gatot Subroto, Sabtu (3/7/2021).

Anjasmara menuturkan, ibu sambungnya itu memang sudah lama mengidap asma. Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit karena mengidap COVID-19.

Sosok Rachmawati Soekarnoputri di mata Anjasmara adalah seorang ibu yang sangat menyayangi anak-anaknya.

"Beliau adalah seorang ibu yang menyayangi seluruh anak-anaknya. Saya beruntung sekali diangkat oleh beliau sebagai salah satu anaknya yang cukup dekatlah. Dia sangat sayang sama semuanya, cinta semuanya, disiplin juga," puji Anjasmara.

Anjasmara menyesal belum sempat bertemu dengan Rachmawati Soekarnoputri. Ini adalah penyesalan kedua setelah kepergian almarhum sang ayah, Benny Soemarmo.

Benny Soemarmo, ayah Anjasmara menikahi Rachmawati Soekarnoputri. Benny Soemarmo lebih dulu meninggal dunia.

Artis Vanessa Angel yang dulu pernah menjalin hubungan dengan anaknya, Didi Mahardika juga mengaku kehilangan. Ia mengungkapkan duka citanya melalui akun Instagram miliknya.

Vanessa Angel terlihat mengunggah kebersamaannya dengan Rachmawati Soekarno. Dalam foto itu, keduanya terlihat akrab dan sama-sama mengenakan jaket denim.

Pesinetron itu pun tampak memeluk Rachmawati Soekarnoputri dalam unggahan itu.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun telah berpulang ke rahmatullah orang baik negri ini ibu Rachmawati Soekarno Putri," tulis Vanessa Angel di kolom keterangan, dilihat detikcom, Sabtu (3/7).

Dalam unggahan itu, Vanessa Angel juga meminta doa agar amal perbuatan Rachmawati Soekarnoputri semasa hidup diterima oleh Allah SWT.

"Semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya. Meskipun sebentar, tapi wanita ini pernah jadi sosok ibu yang baik untukku dulu, terima kasih," sambung dia.

Tidak hanya Vanessa Angel, Della Wulan Astreani atau Della Perez pun mengunggah ungkapan duka di Instagram-nya melalui sebuah foto. Dalam foto itu, adik Julia Perez itu tampak berpose bertiga dengan Rachmawati berada di tengah, duduk di atas kursi roda.

Dalam unggahannya, Della Perez mengenang Rachmawati sebagai sosok yang kerap menghubunginya dan senang bila ditemani ketika bersantap. Ia pun menyesal karena belum sempat lagi untuk menemani mendiang makan bersama.

"Ya Allah Mbu. Beliau selalu sms minta temenin makan, beliau senang sekali kalau makan makan ditemanin sambil ngobrol-ngobrol. Punya janji nemenin Mbu makan karena Della lagi jauh di Jambi, ya Allah Mbu," tulis Della.

Della pun mendoakan Rachmawati dalam unggahan tersebut. "Semoga amal ibadah Ambu diterima Allah, Mbu orang baik, tulus, penyayang, dia udah kayak ibu kandung buat aku, baik banget," ungkap dia.

(dar/dar)