Gary Iskak Sakit Hepatitis Kronis, Begini Kondisinya Sekarang

Hanif Hawari - detikHot
Rabu, 30 Jun 2021 21:42 WIB
Gary Iskak dan Richa
(Foto: Instagram: @richaiskak) Gary Iskak akhirnya membuka diri menceritakan penyakit yang diidapnya. Dia sakit hepatitis dalam kondisi kronis.
Jakarta -

Gary Iskak akhirnya mengungkapkan penyakit yang diidapnya. Ia menyebut, dirinya sedang mengidap sakit hepatitis kronis.

Hepatitis kronis merupakan peradangan pada hati. Hepatitis kronis biasanya berkembang dalam jangka waktu yang lebih lama, setidaknya berlangsung selama 6 bulan.

"Sekarang itu lebih ke kronis hepatitis C, ya hepatitis," ujar Gary Iskak dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Gary Iskak sempat drop karena penyakitnya tersebut hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Ia pun sempat di rawat di sana selama 8 hari sampai keadaannya mulai membaik.

Kini, Gary Iskak sudah pulang. Ia hanya menjalani rawat jalan karena kondisi rumah sakit yang tidak memungkinkan.

"Ya karena semua rumah sakit kan penuh semua COVID mending saya di rumah sajalah," kata Gary Iskak.

Gara-gara sakit, Gary Iskak terlihat sangat kurus. Berat badannya turun sampai dengan 12 kilogram.

"12 kilo (turun). Dari 90 lah," ucap pria berusia 47 tahun itu.

Beruntung Gary Iskak memiliki istri yang sangat perhatian. Richa Iskak setiap merawat suaminya dalam kondisi apapun.

"Sebagai seorang istri saja nih ya ngurusin semuanya kan. Dan dia juga memang harus didukung banyak, dietnya diet sehat banyak pantangannya ini nggak boleh. Men-support dia untuk menahan, karena kalau jadi dia kesiksa juga," tutur Richa Iskak dalam kesempatan yang sama.

"Biasa makan pedes nggak boleh, makan pedas kayanya nggak enak. Biasa makan yang enak-enak, mie gitu-gitu nggak enak juga. Jadi tugas saya di sini menahan saja," lanjutnya.

Kini, Gary Iskak harus istirahat selama 3 bulan agar kondisinya kembali pulih seperti semua. Dokter juga menyarankan agar Gary Iskak rutin mengontrol sakitnya hingga meminum obat.

"Nanti ada check up lagi minggu ini untuk tebus obat lagi. Sekarang sudah abis obatnya. Karna memang diperut saya ada cairan, dan semua," papar Gary Iskak.

"Obat-obatan juga mungkin dia ingat, aku juga di sini mengingatkan dia gitu-gitu aja sih," timpal Richa Iskak.

(hnh/aay)