Sidang Cerai Aa Gym Ditunda Lagi karena Teh Ninih Tak Hadir

Dony Indra Ramadhan - detikHot
Selasa, 29 Jun 2021 15:35 WIB
KH Abdullah Gymnastiar, Blak-blakan di Pasaraya Grande, Blok M, Selasa (7/5/2019)
Sidang cerai Aa Gym kembali ditunda kini Teh Ninih tak hadir di persidangan Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Sidang gugatan cerai Aa Gym terhadap Ninih Muthmainnah atau Teh Ninih kembali digelar. Namun, sidang kali ini kembali ditunda.

Sidang ditunda lantaran Teh Ninih tak hadir. Sedangkan Aa Gym hanya dihadiri oleh pihak kuasa hukumnya saja.

"Sidang jadi, yang datang hanya kuasa dari Aa (Aa Gym)," ucap Humas Pengadilan Agama (PA) Bandung Mustopa kepada detikcom, Selasa (29/6/2021).

Mustopa mengatakan sejauh ini tidak ada alasan yang didapat oleh Pengadilan Agama Bandung soal ketidakhadiran pihak Teh Ninih.

"Tidak ada (alasan)," kata Mustopa.

Atas hal tersebut, sidang kembali ditunda hingga pekan depan, pada 6 Juli 2021. Agenda dalam sidang selanjutnya untuk perbaikan surat gugatan.

"Sidang ditunda tanggal 6 Juli untuk perbaikan surat gugatan atau permohonan," katanya.

Ini sudah kedua kalinya sidang cerai Aa Gym dan Teh Ninih ditunda. 22 Juni 2021, sidang ditunda lantaran banyak hakim di Pengadilan Agama Bandung terkena COVID-19.

Entah apa yang membuat Teh Ninih tidak hadir dalam sidang cerainya. Melalui kuasa hukumnya, M Fazar, pihak Teh Ninih awalnya berharap tak ada yang mempersulit jalannya perceraian.

"Biasanya mediasi dulu, itu obrolan keluarga sih disepakatinya gimana antara Teh Ninih dengan Aa, yang penting tujuannya saling mempermudah, tidak mempersulit intinya itu saja sih," kata M Fazar beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu M Fazar memang tak bisa memastikan apakah Teh Ninih sebagai tergugat akan datang atau tidak ke persidangan.

"Kalau itu perintah dari pengadilan agama, Teh Ninih selaku tergugat bisa hadir, bisa juga tidak," kata pengacara Teh Ninih.

Sebelumnya, Aa Gym yang sudah mengajukan permohonan cerai sempat mencabutnya, padahal sudah menalak Teh Ninih. Kini, Aa Gym kembali mengajukan permohonan cerai lagi.

"Betul (mengajukan permohonan lagi). Kemarin baru masuk," ucap Dedi Setiadi salah satu kuasa hukum Aa Gym saat dikonfirmasi, pada Jumat, 11 Juni 2021.

Dedi menuturkan keputusan Aa Gym kembali mengajukan permohonan cerai terhadap Teh Ninih ini merupakan permintaan dan keinginan dari Aa Gym. Sebelumnya juga saat pencabutan, Aa Gym sendiri yang meminta.

"Jadi kemarin sebelum puasa sudah ini Aa masih di Turki dicabut kita ikuti. Kemarin, sudah bismillah saja masuk lagi ya sudah kita masukin," tutur Dedi, kuasa hukum Aa Gym.



Simak Video "Aa Gym Sudah Lama Tak Kunjungi Pondok Pesantrennya"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/pus)