Round Up

Kontroversi Yuni Shara Edukasi Seks ke Anak

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 27 Jun 2021 05:30 WIB
Yuni Shara
(Foto: Instagram/@yunishara36) Keterbukaan cara berpikir dan teknik asuh anak yang dilakukan Yuni Shara ini pun terbilang berhasil. Anak-anaknya nyaman dan terbuka dengannya.
Jakarta -

Yuni Shara tidak mau jadi orang tua yang kolot buat kedua anak laki-kakinya, Cavin Obrient Salomo Siahaan dan Cello Obient Siahaan. Gaya asuh anak yang diterapkannya pada Cavin dan Cello membuatnya jadi sorotan.

Lantaran Yuni Shara tidak malu-malu mengakui bahwa anak-anaknya terpapar dengan konten-konten video dewasa atau film porno. Untuk yang satu itu justru dimanfaatkan oleh Yuni Shara sebagai media buat mengajari anak-anaknya edukasi seks.

Kakak Krisdayanti itu menyadari sekali bahwa anak-anak yang beranjak remaja di masa kini sangat gampang terekspos film dan konten porno. Di sisi lain sebagai orang tua terkadang tidak bisa 24 jam melakukan kontrol pada anak-anak mereka.

"Anak-anakku kebetulan anak-anak yang terbuka. Nggak mungkinlah ya anak-anak kita nggak nonton film porno, mau yang jenis anime atau jenis apapun segala macem, akan ada," ujar Yuni Shara.

Tak ada kata larangan atau tabu buat Yuni Shara. Dia justru memposisikan dirinya sebagai teman buat kedua anaknya terkait konten-konten tersebut.

Dengan begitu, menurut Yuni Shara, dirinya bisa nyaman berkomunikasi dengan Cavin dan Cello. Terlebih soal hal-hal sensitif namun penting seperti edukasi seks, misalnya.

"Jadi mendingan daripada gini-gini, kita jadi temen aja. (Aku selalu nanya) Gimana nonton ini? Misalnya kayak gitu. Asyik nggak? (Mereka bilang) Bunda kamu jangan gini-gini (bicara soal film porno). (Lalu dijawab) Aduh, biasa aja bro. Aku begitu," lanjut Yuni Shara.

Keterbukaan cara berpikir dan teknik asuh anak yang dilakukan Yuni Shara ini pun terbilang berhasil. Pada akhirnya teman-teman dari kedua anak laki-lakinya pun nyaman dengan keberadaannya.

Hal itu pula yang membuat pelantun lagu-lagu lawas itu bisa tetap dekat dengan anak-anak dari mantan suaminya, Henry Siahaan. Kedekatan yang seperti teman dan tak ada jarak dengan anak-anak mereka merupakan hubungan yang tentu saja diinginkan oleh banyak orang tua.

"Jadi anak-anak sesantai itu, temen-temennya pun jadi (terbuka). Aku tuh curhatannya dari mulai anaknya mas Henry (Siahaan), sampai yang temen-temen yang anak-anak(ku) ini. Jadi aku bisa main sama anak-anaknya mas Henry dari dulu," kisah Yuni.

Pentingnya sosok kedua anak laki-lakinya dalam kehidupan Yuni Shara membuat mereka juga memegang andil dalam menentukan pasangan sang Ibunda. Diakui Yuni, Cavin dan Cello aktif dalam memberikan keputusan soal siapa yang boleh dan tidak boleh dekat dengannya.

"Nah itu (menikah lagi) satu hal yang nggak di-approve sama anak-anakku sebenarnya. Sampai yang terakhir anak-anakku nggak setuju dan aku langsung memutuskan aku nggak, karena ada pilihan untuk anak-anak. Udah berikutnya aku udah 13 tahun kan menjanda, maksudku, udah kelamaan sendiri, tidak wajib aku menikah," kata Yuni Shara dalam obrolannya dengan Venna Melinda dalam sebuah video YouTube.

(aay/wes)