Gestur Gofar Hilman Bergaris Merah, Sang Wanita Jangan Takut!

tim detikhot - detikHot
Sabtu, 26 Jun 2021 06:16 WIB
Gofar Hilman bicara
Gofar Hilman saat klarifikasi tuduhan pelecehan seksual Foto: YouTube
Jakarta -

Gofar Hilman untuk pertama kalinya muncul setelah dua minggu 'menghilang'. Ia mengklarifikasi tuduhan melakukan pelecehan seksual.

Dalam video yang diunggah ke IGTV dan channel YouTube, Gofar Hilman memberikan klarifikasi soal tudingan akun twitter @quweenjojo. Pada intinya, Gofar membantah telah melakukan pelecehan seksual saat hadir dalam acara di Malang pada 2018.

"Sekali lagu gue menegaskan bahwa gue tidak melakukan hal tersebut dan omongan gue bisa dipertanggungjawabkan. Segala upaya sudah kami lakukan, mencari foto, video, bertanya ke para saksi yang melihat adanya keterlibatan gue dalam tuduhan tersebut," tegas Gofar Hilman dalam video tersebut.

"Jadinya gue mikir, seakan-akan gue pribadi yang sangat buruk, tanpa mengenal gue secara pribadi. Jadinya gue mikir, 'Apa karena penampilan gue? Apakah karena cara bertutur kata gue? Apakah karena cara gue berinteraksi sama orang?"

"Jadinya wah cocok banget nih, Gofar pasti melakukan hal ini. Karena gue sangat fit the profile. Stigma pelecehan seksual itu kayak cocok banget sama gue gitu. Itu nggak fair buat gue," tukasnya.

Melihat klarifikasi Gofar Hilman, pakar gestur Handoko Gani memakai alat layered voice analysis (LVA) untuk menganalisis ucapan Gofar. Handoko Gani mengaku satu-satunya instruktur ahli deteksi kebohongan dari dunia sipil yang memiliki gelar diploma di bidangnya serta terotorisasi dalam penggunaan alat layered voice analysis (LVA).

Handoko Gani pun memperlihatkan hasilnya dari alat tersebut. Ia pun memberi komentar agar sang wanita tidak takut untuk mengambil langkah.

"Sang wanita jangan takut, ungkapkan semua. Saran saya, tuntaskan secara transparan. Jangan takut, kalau perlu lapor ke Komnas Perempuan atau polisi terkait dengan itu. Coba dipertimbangkan, kalau memang ada wanita lain yang merasa korban, yang mau ikut bersuara, lakukan saja," ungkapnya.

Di sisi lain, Handoko Gani juga mendorong Gofar Hilman untuk lebih jujur memverifikasi kasus tersebut. "Gunakan pendekatan kekeluargaan," tambahnya.

Menurutnya, dari hasil alat tersebut ada banyak tanda merah. Termasuk ketika Gofar mengucapkan rasa terimakasih kepada teman-temannya.

"Terimakasih kepada teman gue yang masih percaya bahwa gue tidak melakukan tuduhan tersebut," kata Gofar.

"Insightnya, perlu diverifikasi keterangan Gofar kembali," ungkap Handoko Gani.

Gofar HilmanGofar Hilman Foto: pakar gestur


Simak Video "Dituduh Jadi Pelaku Pelecehan, Gofar Hilman: Apa Karena Penampilan Gue?"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)