Sikap Keluarga Usai Anji Dinyatakan Positif Ganja

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 15 Jun 2021 13:39 WIB
anji terjerat narkoba
Anji ditangkap karena narkoba. Foto: Pool/Palevi/detikHOT
Jakarta -

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar menegaskan pihak keluarga sudah mengajukan asesmen untuk kasus narkotika Anji.

Hal itu dilakukan pihak keluarga setelah mengetahui Anji positif mengonsumsi narkoba jenis ganja.

Pengajuan asesmen itu dilakukan oleh kakak dari Anji, Erie yang sempat menyambangi Polres Metro Jakarta Barat belum lama ini.

"Sudah ada yang menjenguk kakak yang dari bersangkutan. Kemudian keluarga dari yang bersangkutan sudah mengajukan permohonan agar yang bersangkutan bisa diasesmen," ujar Ronaldo di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (15/6/2021).

Ronaldo menjelaskan, dalam Undang Undang juga disebutkan penyalahgunaan narkoba wajib direhabilitasi. Dari pihak keluarga juga dapat mengajukan permohonan asesmen untuk rehabilitasi.

"Jadi di dalam Undang Undang Narkotika setiap penyalahgunaan itu direhabilitasi mereka. Baik dari pihak keluarga atau pun penyidik itu juga dapat mengajukan asesmen," lanjut Ronaldo.

"Jadi asesmen itu untuk diperiksa sebetulnya di situ ada tim asesmen terpadu di BNNP atau di BNN Pusat," sambungnya.

Lebih lanjut mengenai keputusan rehabilitasi, menurut Ronaldo nantinya akan direkomendasikan dari BNNP atau di BNN Pusat setelah menjalani proses pemeriksaan.

"Tim tersebut kemudian akan mengeluarkan sebuah surat rekomendasi kepada penyidik. Hasilnya apa nanti dari tim assessment terpadu. Hasil yang direkomendasikan ke kami itu baru yang kami tindak lanjuti. Rehabilitasi merupakan part of penegakan hukum," jelasnya.

Pada Senin, 14 Juni 2021, Anji melaksanakan sejumlah tes kesehatan termasuk tes urine. Hasil tes urine Anji dinyatakan positif mengkonsumsi ganja.

Sebagai tambahan informasi, pemilik nama asli Erdian Aji Prihartanto itu diamankan polisi di studio musiknya, kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Jumat, 11 Juni 2021 pukul 19.30 WIB.

Anji dalam pemeriksaan oleh tim penyidik mengaku sudah menggunakan ganja sejak September 2020. Anji juga menjelaskan masih menyimpan narkoba disalah satu tempat di Bandung.

Pihak Polres Metro Jakarta Barat menegaskan sudah melakukan pemeriksaan TKP terkait informasi yang diberikan Anji. Mereka mendapat barang bukti baru terkait penggeledahan TKP di Bandung.



Simak Video "6 Hari Ditahan, Anji Ungkap Rasa Rindu Kepada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/wes)