Kontroversi Sinetron Zahra

Merasa Nyaman Perankan Zahra, Lea Ciarachel Dibully

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Minggu, 06 Jun 2021 15:46 WIB
Lea Ciarachel
Lea Ciarachel merasa nyaman perankan Zahra, akhirnya dibully netizen Foto: Instagram/@ciarachelfournneaux
Jakarta -

Dalam Instagram Stories miliknya, Lea Ciarachel mengatakan jika tidak ada paksaan sama sekali dalam memerankan Zahra di sinetron Suara Hati Istri: Zahra.

"Aku mengambil peran ini tanpa paksaan dari siapa pun murni karena, aku ingin belajar akting dan berkarya di dunia entertainment," beber Lea Ciarachel dalam Instagram Stories miliknya.

Tapi sayang sesaat setelah Lea Ciarachel membuat penjelasan tersebut, ada netizen yang langsung mem-bully-nya. Ada netizen yang mengatakan jika itu adalah satu kesalahan.

"What serius nyaman?" bully netizen dengan melontarkan kata-kata kasar.

Bully tersebut pun mendapatkan balasan dari Lea Ciarachel. Ia mengatakan jika sebaiknya kita harus bijak menggunakan media sosial dan jangan asal menuding orang yang tidak-tidak.

"Cerminan asli bermedia sosial, kita nggak pernah tau aslinya orang gimana. Yang hanya kita lihat hanya dari faktor luarnya saja. Jadi bijaklah dalam bermedia sosial karena nggak semua yang dilihat benar adanya. Tuhan memberkati semuanya," balas Lea Ciarachel dalam Instagram Stories miliknya.

Sebelumnya, pihak Indosiar sudah bicara mengenai hal tersebut. Mereka akan mengganti pemeran Zahra yang dimainkan oleh Lea Ciarachel.

"Indosiar menerima dan mengapresiasi semua masukan dan menindaklanjutinya dengan segera mengganti pemeran Zahra tersebut dalam tiga episode mendatang," ujar Direktur Program Indosiar Harsiwi Achmad dalam keterangannya.

Seperti diketahui, sinetron Suara Hati Istri: Zahra ramai diperbincangkan oleh publik. Bahkan menjadi trending topik di linimasa Twitter.

Hal itu dipermasalahkan karena sinetron tersebut telah menampilkan cerita pernikahan dini. Di mana, istri ketiga dalam cerita itu, Zahra, diperankan oleh artis berusia 15 tahun.

Permasalahan ini pun sampai menjadi perhatian pemerintah. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bahkan menilai sinetron Suara Hati Istri: Zahra telah melanggar hak anak.

"Kemen PPPA menegaskan sinetron 'Suara Hati Istri: Zahra' yang ditayangkan oleh media televisi Indosiar merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak anak di mana anak berusia 15 tahun diberi peran sebagai istri ketiga dan dipoligami," kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam keterangan tertulis.

Para selebriti pun banyak yang ikut berkomentar mengenai hal tersebut. Salah satu yang buka suara adalah Zaskia Mecca.

"Sebenernya berat hati post slide bagian 2 karna ngerasa terganggu banget liat fotonya.. but i need to speak up!! Ga tepat rasanya (setelah liat foto tayangan, trailer yang @indosiar post) bahwa materi juga peran yang dimainkan oleh Zahra sebagai istri ke 3 dimana usia dia masih 15tahun..Semoga hal ini menjadi concern orang tua Zahra (krn anak dibawah umur belum bisa ttd kontrak sendiri) untuk lebih membantu anak memilih pekerjaan yang tepat, PH yang memproduksi cerita, stasiun tv memberikan tempat untuk tayangan nasional harusnya sejalan dengan keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah juga lembaga @kpipusat bisa menyortir semua tayangan nasional dengan lebih tepat krn media audio visual mempunyai pengaruh sangat besar untuk karakter bangsa kita," tulisnya dalam Instagram miliknya mengkritik sinetron Suara Hati Istri: Zahra.



Simak Video "Ini Artis yang Gantikan Pemeran Zahra di Sinetron 'Suara Hati Istri'"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/pus)