Ustaz Khalid Basalamah Luruskan Tudingan Tak Nyanyi Indonesia Raya

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Sabtu, 29 Mei 2021 11:42 WIB
Khalid Basalamah
Ustaz Khalid Basalamah jelaskan soal larangan nyanyi Indonesia Raya. Foto: Khalid Basalamah (dok. YouTube)
Jakarta -

Pada 2017 Khalid Basalamah membuat satu kehebohan lantaran beredar potongan video tentang saran menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sang ustaz akhirnya memberikan penjelasannya soal mengenai hal tersebut. Dalam tayangan di YouTube miliknya, sang ustaz menegaskan jawabannya dalam tayangan tersebut.

"Saya Khalid Basalamah ingin meluruskan ada cuplikan pada tahun 2017 dulu ada seseorang yang bertanya di salah satu masjid di Jatinegara, tentang masalah di sekolah anak bapak penanya ini. Itu ada perintah untuk menyanyikan Indonesia Raya dan dia dari pernyataan yang saya tangkap tidak ingin ikut dan dia khawatir ditegur," kata Basalamah.

"Sesuai dengan pertanyaan itu, saya menjawab tidak usah Anda ikut, dalam arti kata dia sendiri memang merasa terbebani," sambungnya lagi.

"Saya membahas tentang keluhan dia, jadi bukan sedang membahas tentang syair dan lagu Indonesia Raya," tegas sang ustaz.

Atas jawabannya tersebut, sang ustaz mengatakan dengan tegas dirinya tidak pernah menyarankan atau melarang umat muslim untuk tak menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Menurut sang ustaz, lagu tersebut seharusnya dijadikan motivasi agar bisa berjuang bagi negara dan agama.

"Kita semua warga negara Indonesia pasti sangat paham bahwa syair-syair disusun oleh para pejuang kita, justru menjadi motivasi agar masyarakat Indonesia siap berjuang," jelasnya.

Sebelumnya, ustaz Khalid Basalamah menuai kontroversi terkait ceramahnya tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya. Potongan ceramah tersebut dikomentari banyak orang di media sosial Twitter.

Berawal dari pertanyaan salah satu jemaahnya soal lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan saat upacara bendera, ustaz Khalid Basalamah memberikan jawaban tegas. Dia memberi saran agar mereka tidak ikut menyanyikan Lagu Kebangsaan tersebut.

"Saran saya nggak usah ikut! Nggak usah ikut (menyanyikan)," jelas sang ustaz.

Ternyata potongan video tersebut adalah pada saat 2017. Dan kini sudah diluruskan oleh ustaz Khalid Basalamah.



Simak Video "Bermodal Rp 200 Ribu, Ustaz Khalid Basalamah Dakwah di Youtube"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/mau)