Potongan Video Ustaz Khalid Basalamah Buat Tak Nyanyi Indonesia Raya Tuai Kontroversi

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 28 Mei 2021 16:20 WIB
Jakarta -

Ustaz kondang Khalid Basalamah menuai kontroversi terkait ceramahnya tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya. Potongan ceramah tersebut dikomentari banyak orang di media sosial Twitter.

Berawal dari pertanyaan dari jamaahnya soal lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan saat upacara bendera, ustaz Khalid Basalamah memberi jawaban tegas. Dia memberi saran agar mereka tidak ikut menyanyikan Lagu Kebangsaan tersebut.

"Saran saya nggak usah ikut! Nggak usah ikut (menyanyikan)," katanya seperti dikutip dari !nsert Live.

Unggahan pernyataan tegas Khalid Basalamah kemudian di-quote tweet oleh Ayang Utriza Yakin, Profesor Bidang Kajian Timur Tengah. Ayang memberi komentar yang menohok kepada pernyataan sang ustaz.

Dalam cuitannya, Ayang menyebutkan bahwa menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah bentuk kecintaan terhadap negara dan bangsa. Sehingga dia menyarankan kalau tidak ingin menyanyikan lagu itu sebaiknya pindah saja ke negara Arab Saudi.

"Taz, jika tidak mau menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' dan menolak mencintai negara dan bangsa ini. Silakan pindah ke Saudi Arabia, tempat dan sumber Salafi-Wahabi yang Anda sebarkan di NKRI ini!" cuit Ayang.

Tulisan itu kemudian ramai dikomentari oleh warganet. Tidak sedikit yang menyetujui dengan pendapat Ayang dan ikut menyentil ustaz Khalid Basalamah yang masih memutar lagu Indonesia Raya di radio miliknya.

Seperti diketahui beberapa radio siaran swasta di Indonesia memang memutar lagu Indonesia di awal hari sebelum mengudara, dan di malam hari usai program terakhir radio tersebut mengudara.



"Nggak konsisten banget orang disarankan gk usah nyanyi lagu kebangsaan tp di radio wahabi tiap pagi disetel lagu kebangsaan?pertanyaan saya...WHY?" komentar warganet.

"Apakah nabi melarang umatnya utk menyanyikan lagu kebangsaannya kok dia sampai menyarankan gk usah ikut nyanyi lagu Indonesia Raya?pdhl nabi itu orang yg cinta ke tanah airnya knp umatnya gk boleh cinta tanah airnya sendiri?," timpal lainnya.

Hingga kini belum ada tanggapan dari ustaz Khalid Basalamah soal ceramahnya yang menuai kontroversi tersebut. Ratusan komentar terus mengalir di Twitter dalam potongan video yang beredar.

(aay/nu2)